Perempuan yang akrab dengan Sunyi dan Kopi. Setelah mencintai Mahari, Bunga, dan Tamtam. Ada yang lebih aku cintai yaitu ular, katak dan laba-laba.- Siti Halimah

Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

Pembelajaran Daring 
Mata Pelajaran Bahasa indoneisa 


Pertemuan Ke 2
Kelas X Semua jurusan 
SMKN Negeri 1 Cugenang  

Sebelum Anda membaca materi mengenai kehasaan teks laporan hasil observasi. silakan untuk mengisi link absen kehadiran berikut ini. DAFTAR HADIR B. INDONESIAX 






Tugas

Silakan Anda tulis pada buku catatan kebahasaan pada teks laporan hasil observasi di atas, kemudian buatlah teks laporan hasil observasi dengan tema sesuai jurusan masing-masing dengan memperhatikan struktur tesk laporan hasil observasi pada pertemuan sebelumnya (pernyataan umum, definisi bagian, definis manfaat). Silakan gunakan berbagai sumber (buku/internet) sebagai bahan untuk dijadikan contoh teks laporan hasil observasi. berikut adalah tema yang bisa dijadikan acuan untuk membuat teks laporan hasil observasi: 

ATPH(objeknya tentang tanaman/ sayuran/ yang berhungan dengan pertanian)
OTKP (objeksnya tentang komputer/elektronik/ yang berhubugan dengan pertanian) 
TBSM (objeknya tentang otomotif/ yang berhunugan dengan TBSM)
APHP (objeknya tentang pengolahan hasil pertanian: baso, susu, dll yang berhubungan dengan pengolahan hasil pertanian) 

Buatlah teks laporan hasil observasi tersebut pada kolom komentar dibawah ini, Teks dibuat minimal 3 paragraf, kemudian tentukan kata verba dan nomina pada teks yang kalian buat!

Silahkan lihat contoh pengerjaan pada kolom komentar.

Terima kasih. selamat mengerjakan. 

























37 comments:

  1. Contoh tekks laporan hasil olsevasi tentang hewan

    Komodo

    Tahukan kamu, komodo merupakan jenis hewan melata terbesar yang ada di Indonesia yang dilindungi oleh pemerintah. Komodo sendiri hidup di semak-semak belukar dan di sejumlah hutan yang berada di Indonesia. Komodo juga dianggap sebagai hewan melata terberat di Indonesia karena mempunyai berat tubuh sekitar 100 kg bahkan lebih.

    Hewan Komodo yang paling besar di Indonesia sendiri pernah diukur tinggi serta beratnya yakni mencapai 166 kg dan panjangnya mencapai 3 meter. Namun pada umumnya sendiri panjang dan berat komodo ini hanya sekitar 91 kg dan 2,5 meter. Untuk beberapa jenis komodo sendiri memang ada yang mencapai panjang dan berat melebihi rata-rata.

    Komodo sendiri mempunyai jenis kulit yang bersisik, warnanya abu-abu, bentuk moncongnya lancip, bagian tungkai lengannya kuat, serta mempunyai ekor yang berotot. Untuk mendeteksi keberadaan mangsanya sendiri yakni bangkai binatang, hewan ini menggunakan indra penciumannya yang sangat tajam. Dengan kemampuan indra penciumannya tersebut, hewan ini bisa mencium mangsanya beberapa meter didepannya.

    Selain itu, komodo juga dapat memangsa binatang melata lainnya seperti jenis binatang mamalia yang mempunyai ukuran besar. Karena hampir di semua bagian gigi komodo tertutup oleh gusi sehingga bagian giginya tidak terlihat. Yang uniknya lagi, saat hewan ini makan dan mengunyah, gusinya akan berdarah. Hal tersebut terjadi karena menjadi media untuk berkembangnya bakteri yang berbahaya pada mulutnya.

    Bakteri yang hidup didalam mulut komodo tersebut dapat menyebabkan darah korban yang ia gigit keracunan. Ia akan mengigit mangsanya tersebut lalu membuntutinya agar mangsanya lemas dan tidak bisa pergi. Namun sayangnya, hewan ini terancam punah. Hal tersebut disebabkan oleh para pemburu binatang yang tidak bertanggung jawab sehingga habitatnya pun menjadi rusak.


    Teks Kebahasaan :
    Nomina : komodo dll
    Verba : mecium, mendeteksi dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. B indo
      Ambar Ria Riyadi
      X Otkp 2
      Sawah adalah tanah yang digarap dan diari untuk tempat menanam padi. Apakah kalian tahu tentang padi? Mungkin kebanyakan dari kita berfikir bahwa padi ialah makanan pokok yang sering kita makan tentunya. Namun pada umumnya padi merupakan salah satu tanaman budidaya terpenting dalam peradaban. Padi yang ditanam di sawah dikenal sebagai padi lahan basah (lowland rice). Maka, sawah harus menyangga genangan air karena padi memerlukan penggenagan pada periode tertentu dalam pertumbuhannya. Untuk mengairi sawah digunakan sistem irigasi dari mata air sungai, atau air hujan. Sawah banyak ditemui di pedesaan, namun kali ini kami juga menemukan sawah di dalam kota Bojonegoro, tepatnya di sepanjang jalan Lisman.Di dalam sawah tersebut terdapat berbagai jenis makhluk hidup, seperti tumbuhan (rerumputan, kangkung, dan  padi), pengurai (cacing, bakteri, jamur), konsumen (belalang, tikus sawah, ular sawah). Sawah pada umumnya merupakan salah satu sumber utama emisi metana atmosferik dan diperkirakan mengemisikan antara 50 hingga 100 juta ton gas metana per tahun. Sebuah studi menunjukan dengan mengeringkan sawah untuk sementara sambil mengaerasikan tanah bermanfaat untuk mengganggu emisi gas metana dan juga meningkatkan hasil padi.Sebagian besar sawah tersebut ditanami padi, maka dari itu di sawah terdapatorang-orangan sawah, orang-orangan sawah adalah replika manusia yang ditempatkan di atas tanah yang tengah dibudidayakan (sawah, kebun, ladang, dll) yang dimaksudkan untuk menakut-nakuti burung atau binatang lainnya (hama sawah) agar tidak mematuk atau merusak biji padi, di daerah Jl.Lisman. Secara umum, fungsi utama dari orang-orangan sawah adalah sebagai medium bagi petani untuk menjaga tanaman budidayanya dari serangan hama pertanian khususnya burung-burung seperti pipit, gagak, dan sebagainya. Di sawah juga terdapat gubug / saung, saung adalah sebuah kata dalam bahasa sunda yang artinya rumah atau gubug kecil, fungsi saungsendiri adalah sebagai tempat istirahat, berteduh, makan-makan atau kegiatan lain di dalam sawah.Seperti halnya binatang yang ada di sawah, ada yang menguntungkan dan adapula yang merugikan, seperti ular sawah, cacing, burung pipit dan tikus sawah. Ular sawah tergolong binatang yang menguntungkan karena ular sawah membantu para petani untuk membasmi tikus sawah tanpa bantuan pembasmi kimia (insektisida). Burung pipit sangat merugikan bagi petani. karena burung pipit memakan biji padi yang ditanam para petani. Cacing merupakan binatang yang banyak hidup di tempat seperti sawah, cacing itu sendiri bermanfaat untuk menyuburkan tanah yang sangat berguna bagi tanaman. Dan dapat menghasilkan padi yang baik pula. Serta dapat dikonsumsi manusia sebagai bahan makanan pokok.

      Delete
  2. Pernyataan umum : Bagian brokoli yang dimakan adalah kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Sebagian besar kepala bunga tersebut dikelilingi dedaunan. Brokoli paling mirip dengan kembang kol, namun brokoli berwarna hijau, sedangkan kembang kol putih.
    Definisi bagian : 1. Habitat dan Penyebaran

    Brokoli merupakan tanaman yang hidup pada cuaca dingin. Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan. Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama (sekitar 1970-an).

    2. Kandungan Tanaman

    Brokoli banyak mengandung Sulforapan (SFN). Selain itu dari proses biosintesis di dalam brokoli juga dihasilkan 3,3-diindolilmetana (DIM). Juga terdapat kandungan lemak, protein, karbohidrat, serat, air, zat besi, kalsium, mineral, dan bermacam vitamin (A, C, E, Vitamin, ribofalvin, nikotinamide).
    Definisi manfaat : Manfaat Tanaman

    Brokoli berkhasiat mempercepat penyembuhan penyakit serta mencegah dan menghambat perkembangan sel-sel kanker di dalam tubuh. Terutama penyakit kanker yang berkaitan dengan hormon, seperti kanker payudara pada wanita, dan kenker prostat yang mengancam pria.

    Manfaat lain, brokoli mampu mencegah serangan stroke. Ini terbukti melalui penelitian yang dilakukan tim epidemologi dari Harvard University. Tanaman ini sangat baik dikonsumsi penderita kencing manis. Kandungan chromium dan seratnya dapat mengatur kadar gula darah. Brokoli memperkuat sel-sel tulang. Mengkonsumsinya sejak muda, mencegah penyakit pengeroposan tulang (osteoporosis) di usia tua (Dalimartha, ).




    -kata verba
    Makan
    Kelilingi
    Hidup
    Budidaya
    Masuk
    Mencegah
    Menghambat

    -nomina
    Brokoli
    Bunga
    Pohon
    Dingin
    Laut tengah
    Yunani kuno
    Indonesia
    Air
    Vitamin
    Sel kanker
    Wanita
    Darah
    Tulang

    ReplyDelete
  3. Pernyataan umum: komputer atau leptop adalah alat komunikasi dan informasi yang sangat tepat untuk membuat pekerjaan dan hubungan semakin gampang,komputer ini alat yang canggih pula untuk belajar.

    Deskripsi bagian:
    -PowerPoint
    -papan utama berfungsi untuk menanamkan Hardware
    -papan ketik,ada huruf dan abjad
    -processor di bedakan berdasarkan merk model dan kecepatan
    -memori berfungsi untuk melakukan penyimpanan data sementara
    -Hard Drive

    Deskripsi manfaat:sebagai alat komunikasi,informasi belajar, mempermudah aya yang di cari di internet,mempermudah mencari pekerjaan dengan cara praktis.


    Kata verba :
    Dibawa
    Membuat
    Pekerjaan
    Gampang
    Mempermudah
    Kecepatan

    Kata nomina:
    Komputer
    Data
    Huruf

    ReplyDelete
  4. Cacing tanah adalah cacing berbentuk tabung dan tersegmentasi dalam filum Annelida. Mereka umumnya ditemukan hidup di tanah, memakan bahan organik hidup dan mati. Sistem pencernaan berjalan melalui panjang tubuhnya. Cacing tanah melakukan respirasi melalui kulitnya. Cacing tanah memiliki sistem transportasi ganda terdiri dari cairan selom yang bergerak dalam selom yang berisi cairan dan sistem peredaran darah tertutup sederhana. Memiliki sistem saraf pusat dan perifer. Sistem saraf pusat terdiri dari dua ganglia atas mulut, satu di kedua sisi, terhubung ke tali saraf berlari kembali sepanjang panjangnya ke neuron motor dan sel-sel sensorik di setiap segmen. Sejumlah besar kemoreseptor terkonsentrasi di dekat mulutnya. Otot melingkar dan longitudinal di pinggiran setiap segmen memungkinkan cacing untuk bergerak. Set yang sama otot garis usus, dan tindakan mereka memindahkan makanan mencerna menuju anus cacing.[2]

    Cacing tanah adalah hermafrodit - masing-masing individu membawa kedua organ seks pria dan wanita. Mereka tidak memiliki kerangka internal atau eksoskeleton, tetapi mempertahankan struktur mereka dengan ruang coelom cairan yang berfungsi sebagai rangka hidrostatik.

    "Cacing tanah" adalah nama umum untuk anggota terbesar dari Oligochaeta (yang merupakan kelas atau upakelas tergantung pada penulis). Dalam sistem klasik, mereka ditempatkan dalam ordo Opisthopora, atas dasar pori-pori jantan membuka posterior ke pori-pori betina, meskipun segmen jantan internal anterior ke betina. Studi kladistik teoretis telah menempatkan mereka, sebaliknya, dalam subordo Lumbricina dari ordo Haplotaxida, tetapi ini mungkin lagi segera berubah.

    Cacing tanah darat yang lebih besar juga disebut megadriles (atau cacing besar), yang bertentangan dengan microdriles (atau cacing kecil) di familia semiakuatik Tubificidae, Lumbriculidae, dan Enchytraeidae, antara lain. Megadriles ditandai dengan memiliki klitelum yang berbeda (yang lebih luas daripada microdriles) dan sistem vaskular dengan kapiler benar.

    Cacing tanah jauh lebih melimpah di lingkungan terganggu dan biasanya aktif hanya jika air hadir.

    -verba
    Hidup
    Mati
    Makan
    Mencari

    -nomina
    Cacing
    Tanah
    Air
    Kulit


    ReplyDelete
  5. Sepeda Motor

    Sepeda motor adalah kendaraan beroda dua yang dijalankan oleh mesin. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sepeda motor adalah sepeda besar yang dijalankan oleh mesin. Kedua roda pada sepeda motor letaknya sebaris lurus. Pada kecepatan tinggi, sepeda motor tetap stabil. Hal itu disebabkan karena adanya gaya giroskopik. Gaya giroskopik sendiri adalah suatu usaha yang dilakukan giroskop untuk tetap stail berputar pada poros yang sudah ditentukan. Apabila kecepatan rendah, kestabilan sepeda motor bergantung pada pengaturan setang oleh pengendara.

    Pada abad 18, motor dibuat dalam bentuk sepeda besar yang ditenagai dengan mesin uap. Walaupun begitu, mesin uap masih belum berhasil dan dilanjutkan dengan mesin pembakaran dalam. Saat menggunakan mesin pembakaran dalam, sepeda besar tersebut memiliki tiga roda. Pada akhir abad 18, diciptakanlah mesin empat tak sebagai pengganti mesin uap. Bentuk sepeda besar juga berubah menjadi sepeda kayu yang sekaligus menjadi sepeda motor pertama di dunia.
    Mesin sepeda motor modern seperti yang banyak ditemui saat ini terdiri dari 3 bagian. Bagian-bagian tersebut adalah kepala silinder, blok silinder mesin, dan bak engkol mesin. Kepala silinder berguna untuku mencegah kebocoran kompresi dan melepaskan panas. Kepala silinder terbuat dari bahan aluminium campuran karena tahan karat, tahan pada suhu tinggi, dan ringan. Selanjutnya untuk blok silinder mesin sebenarnya adalah satu kesatuan dengan komponen lainnya, yaitu silinder linier. Keduanya juga terbuat dari bahan yang ringan dan tahan pada suhu tinggi. Sedangkan bak engkol mesin merupakan bagian yang ditautkan pada rangka sepeda motor dan berguna sebagai rumah dari komponen-komponen sepeda motor. Bak engkol mesin juga terbuat dari bahan yang sama dan terletak di bawah blok silinder.

    Jenis-jenis motor terbagi menjadi sepeda motor cruiser, sepeda motor dual sport, sepeda motor touring, sepeda motor skuter, sepeda motor bebek, sepeda motor sport, sepeda motor sport touring, dan sepeda motor listrik. Untuk lebih khususnya, sepeda motor dapat dibedakan menjadi sepeda motor dengan persneling standar, sepeda motor dengan kopling, dan sepeda motor matic. Sepeda motor dengan persneling standar atau yang biasa disebut sepeda motor gigi memiliki akselerasi standar. Sepeda motor gigi didesain untuk digunakan di jalan mendatar seperti di perkotaan. Sedangkan sepeda motor dengan kopling memiliki akselerasi yang tinggi. Dengan akselerasi yang tinggi sepeda motor dengan kopling tidak mengalami kesulitan dalam jalan menanjak. Sepeda motor matic sendiri dijalankan dengan tenaga mesin tanpa persneling atau kopling. Walaupun begitu, sepeda motor matic memiliki akselerasi yang tinggi seperti sepeda motor kopling.

    Perawatan sepeda motor yang utama adalah dengan rajin mengganti oli. Penggunaaan oli juga harus diperhatikan sesuai dengan jenis sepeda motornya karena berbeda sepeda motor berbeda pula perawatan olinya. Oli juga bisa digunakan untuk melumasi rantai dan gear. Waktu penggantian oli juga bisa dibarengi dengan pembersihan karburator. Selain itu, rutin-rutinlah mengecek tekanan ban dan rem sebelum bepergian. Untuk tekanan ban perlu diperhatikan karena tekanan ban depan berbeda dengan ban belakang.

    Nomina:Sepeda Motor,Dll
    Verba:Kendaraan,Dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. HASIL OBSERVASI TENTANG KOMPUTER YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERTANIAN
      Devinisi umum:Komputer adalah hasil dari kemajuan teknologi elektronika dan informatika yang berfungsi sebagai alat bantu untuk menulis huruf dan abjad, menggambar, menyunting gambar atau foto, membuat animasi, mengoperasikan program analisis ilmiah, simulasi dan untuk kontrol peralatan supaya pekerjaan gampang.
      Deskripsi bagian:secara garis besar komputer terbagi kedalam 2 bagian yaitu:
      Portabel, seperti laptop, tablet PC, netbook, dan semacamnya
      Desktop
      Deskripsi manfaat:
      Memberikan pedoman dan arahan dalam pemilihan jenis tanaman yang dapat berproduksi optimal yang sesuai dengan kondisi fisigorafi dan melaluisuatu analisa dengan menggunakan sistem informasi geografis (GIS)
      Sebagai sarana komunikasi,informasi,hiburan dan pendidikan

      Kata verba:Gampang,
      Pekerjaan


      kata nomina Komputer,huruf

      Delete
  6. Pernyataan umum :Sawah adalah tanah yang digarap dan diari untuk tempat menanam padi.Padi merupakan salah satu tanaman budidaya terpeenting dalam peradaban.
    Deskripsi bagianb:Sawah pada umumnya merupakan salah satu sumber utama emisi metana atmosferik dan diperkirakan mengemisikan antara 50 hingga 100 juta ton gas metana per tahun.orang-orangan sawah adalah replika manusia yang ditempatkan di atas tanah yang tengah dibudidayakan (sawah, kebun, ladang, dll).saung adalah sebuah kata dalam bahasa sunda yang artinya rumah atau gubug kecil.Pada umumnya padi merupakan salah satu tanaman budidaya terpeenting dalam peradaban.Padi yang ditanam di sawah dikenal sebagai padi lahan basah (lowland rice).Untuk mengairi sawah digunakan sistem irigasi dari mata air sungai, atau air hujan.Binatang di sawah ada yang menguntungkan dan adapula yang merugikan, seperti ular sawah, cacing, burung pipit dan tikus sawah.Ular sawah tergolong binatang yang menguntungkan.Burung pipit sangat merugikan bagi petani.Cacing merupakan binatang yang menguntungkan bagi petani yang banyak hidup di tempat seperti sawah.
    Deskripsi Fungsi :Fungsi utama dari orang-orangan sawah adalah sebagai medium bagi petani untuk menjaga tanaman budidayanya dari serangan hama pertanian khususnya burung-burung seperti pipit, gagak, dan sebagainya.Fungsi saung sendiri adalah sebagai tempat istirahat, berteduh, makan-makan atau kegiatan lain di dalam sawah.Ular sawah tergolong binatang yang menguntungkan karena ular sawah membantu para petani untuk membasmi tikus sawah tanpa bantuan pembasmi kimia (insektisida).Cacing bermanfaat untuk menyuburkan tanah yang sangat berguna bagi tanaman.Sawah berfungsi sebagai salah satu sumber utama emisi metana atmosferik dan diperkirakan mengemisikan antara 50 hingga 100 juta ton gas metana per tahun.
    Nomina :makanan pokok
    Verba :Tahan,Ular,Padi,Sawah,Cacing,Tikus

    ReplyDelete
  7. Teks laporan hasil observasi Bahan Bakar Minyak

    Bahan bakar yaitu suatu materi apapun yang bisa di ubah menjadi energi.Biasanya bahan bakar mengundang energi panas yang biasa di lepaskan dan di manipulasi biasanya bahan bakar di gunakan melalui proses pembakaran (reaksi redoks) di mana bahan bakar tersebut melepaskan panas setelah reaksi dengan oksigen di udara.

    Charter(wwfc)di tunjukan untuk kendaraan yang berteknologi mutakhir.

    Minyak diesel(mdf) minyak diesel aadalah minyak hasil penyulingan minyam yang berwarna hitam yang berbentuk cair yang bertemperetur rendah.

    Verba:
    Berteknologi muthakir,dan berbentuk cair.

    Nomina:bahan bakar,energi panas,reaksi redoks,bahan bakar minyam

    ReplyDelete
  8. Nama:Ristia Ariyanti
    Kelas:x-otkp2
    Pel:b.indonesia
    CARA MEMBUAT EMAIL BARU DI GMAIL
    Gmail adalah layanan surel yang di miliki oleh raksasa google.berikut ini adalah langkah-langkah yang harus di tempuh dalam membuat gmail dengan benar.
    1) Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan cara buka url http://gmail.com
    2) Kemudian klik "Create An Account"
    3) Silahkan isi form pendaftaran sesuai data pribadi Anda.
    4) Setelah mengisi form pendaftaran tadi sesuai data pribadi Anda. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman verifikasi akun, isi dengan no. handphone Anda dan pilih Bagaimana seharusnya mengirimkan kode verifikasi
    5) Kemudian klik lanjutkan
    6) Anda akan diberi kode verifikasi yang dikirim oleh Google secara otomatis ke nomor handphone yang sudah Anda isikan tadi, kemudian masukkan kode verifikasi ke dalam kotak yang sudah tersedia.

    Kata verba:buka,masukan
    Nomina:kode,kotak,nomer

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Definisi umum
    Laptop adalah komputer yang dapat dibawa kemana-mana atau sering di sebut "komputer jinjing".ukuran leptop relatif lebih kecil juga lebih ringan di bandinkan dengan komputer. Sumber daya laptop berasal dari baterai yang membuat laptop itu dapat menyala. Umumnya baterai laptop dapat bertahan ± 1-6 jam untuk menyala, tergantung cara si pengguna memakainya.

    Deskripsi bagian
    Laptop tentunya memiliki bagian-bagian yang penting bagi leptop itu sendiri , diantaranya:
    Power AC/DC Adapter
    Sebuah perangkat pada laptop, untuk menumkan daya, mengubah arus listrik AC menjadi DC. Fungsi utama dari perangkat ini adalah untuk melakukan pengisian baterai (charging)laptop.
    Baterai
    Perangkat yang berfungsi untuk menampung daya listrik yang akan digunakan oleh laptop pada saat laptoptidak terhubung ke steker listrik.
    Motherboard
    Papan utama yang terdapat pada laptop , berfungsi untuk menanamkan hardware-hardware lainnya. Motherboard laptop dirancancang secara spesifik sesuai dengan merk laptop masing-masing.
    CMOS Baterai
    Baterai yang terhubung langsung dengan sistem board laptop. Berfungsi untuk mempertahankan setting BIOS sebuah m otherboard.
    Keyboard
    Papan ketik yang terdiri dari tombol abjad dan tombol angka.
    Processor
    Otak dari sebuah laptop, processor juga dappat dibedakan berdasarkan merk, model, dan kecepatannya.
    CPU Cooling Fan
    Kipas kecil yang terdapat pada board laptop. Berfungsi untuk mengendalikan suhu dari sebuah processor.
    Memory RAM
    Randeom Acces Memory adalah sebuah memory yang terdapat pada laptop . berfungsi untuk melakukan penyimpanan data sementara yang akan disimpan di tempat penyimpanan yang permanen yaitu hard drive, selain itu RAM juga dapat berfungsi untuk meningkatkan kinerja sebuah laptop.
    Hard Drive
    Hardware untuk menampung data-data pada laptop, bisa berupa file maupun aplikasi.
    Graphic Card/Video Card
    Salah satu konponen atau hardware . berfungsi untuk menerjemahkan bahasa komputer ke bentuk gambar yang ditampilkan pada layar.
    Dan ada komponen-komponen lainnya yang lelum dijelaskan, diantaranya:
    CD/DVD
    Wireles Card
    LCD Screen
    LCD Screean Cable
    Display Hinges
    Sound Card/Audio Card
    Screen Bcklight Lamp
    Screen Inverter Bord
    Web Camera
    Dll.

    Deskripsi manfaat

    Pada era globalisasi seperti sekarang ini komputer sudah tidak asing lagi didengar oleh masyarakat. Misalnya di bidang pekerjaan semua orang di tuntut untuk mengerti menggunakan komputer , karena komputer merupakan sarana untuk mempermudah dan mempercepat proses dalam menyelesaikan pekerjaan.

    Menurut banyak pendapat ada beberapa manfaat dari komputer atau laptop, diantaranya:
    Mempermudah pekerjaan
    Sebagai alat untuk komunikasi
    Sebagai alat untuk hiburan.

    Pada umumnya ada beberapa manfaat dari laptop, diantaranya:
    Sebagai sarana mempermudah pekerjaan
    Sebagai sarana komunikasi
    Sebagai alat hiburan
    Sebagai alat pendidikan
    Sebagai sarana informasi
    Sebagai sarana usaha

    ReplyDelete
  12. Nama :Sopian permana
    Kelas:X-TBSM
    Mapel:B.Indonesia


    Cara Membongkar Mesin Motor 4 Tak
    Pada langkah-langkah pembongkaran mesin motor honda tipe 4 tak ada beberapa yang harus disiapkan terlebih dahulu.
    1. Siapkan alat-alatnya
    · kunci-kunci standar seperlunya
    · kunci-kunci khusus seperti: tracker magnit & tracker kopling
    · bak ukuran kecil sebanyak 3 > digunakan untuk tempat baut-baut yang terpisah antara mesin bagian tengah mesin kiri, bagian atas, dan bagian tengah kanan
    · bak ukuran sedang sebanyak 4 > digunakan untuk tempat komponen-komponen mesin yang terpisah yaitu komponen mesin kiri, atas, kanan, dan tengah
    · bensin secukupnya untuk membersihkan komponen mesin
    · lap untuk mengelap tangan apabila kotor, dan komponen mesin bila perlu dibersihkan dengan lap
    · balok kayu untuk penyangga mesin kalau mesin sudah diturunkan
    · kompresor untuk mengeringkan komponen yang sudah dibersihkan pakai bensin
    2. Proses pembongkaran
    · mesin bagian kiri. > lepas semua baut yang berada pada mesin bagian kiri, kemudian baut-baut tersebut diletakkan pada bak yang sudah disiapkan tadi. Kemudian pisahkan komponen-komponennya secara perlahan dan letakkan pada bak yang sudah disiapkan. Ingat semua tempat asal baut-baut dan komponen-komponennya, karena bila salah dalam memasang baut maka akan merusak komponen mesin, saya sarankan pada saat melepas komponen sebaiknya di foto agar waktu pemasangan bisa lebih mudah. Komponen-komponen pada mesin bagian kiri antara lain : blog magnit, magnit, gear stater, rante stater.





    · mesin bagian atas. > lepas semua baut, lepas semua komponen-komponennya secara perlahan. komponen-komponen pada bagian ini antara lain : rante keteng, head cylinder, rocker arm, cam shaft, klep, piston, blog silinder.











    · mesin bagian kanan. > kerjakan seperti yang sebelumnya dan letakkan komponen-komponennya pada bak yang sudah disiapkan. komponen-komponen pada bagian ini antara lain : blok kopling, kopling otomatis, kopling ganda.









    · mesin bagian tengah. > kerjakan seperti yang sebelumnya dan letakkan komponen-komponennya pada bak yang sudah disiapkan. Komponen-komponen pada bagina ini antara lain : gigi transmisi, kick stater, kruk as, stang seher.







    3. Setelah semua selesai dibongkar, maka lakukan pemeriksaan pada setiap komponen secara berurutan, sekaligus bersihkan komponen yang sudah diperiksa menggunakan bensin, dan pisahkan komponen yang rusak pada bak tersendiri.
    4. Ada beberapa komponen yang wajib diganti apabila membongkar mesin, komponen tersebut yaitu:
    · gasket kit A (paking top set)
    · gasket kit B (paking full set)
    · oil seal selah
    · oil seal persenelling
    · oil seal gear
    · oli mesin motor
    5. Pastikan semua komponen sudah bersih, karena bila tidak bersih maka akan membuat mesin tidak bisa beroperasi dengan maksimal, dan bisa juga malah membuat mesin rusak.
    6. Lakukan proses perakitan ulang secara berurutan kebalikan dari saat prose pembongkaran yaitu dari mesin bagian tengah – kanan – atas – kiri
    7. Setelah semua komponen sudah terpasang semua, maka periksa apakah ada kebocoran oli pada semua bagian mesin, bila ada maka periksa kembali, dan bila tidak ada maka perakitan sukses.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nomina: sepeda motor Dll
      Verba : Mensin Dll

      Delete
  13. Kls:x-otkp2

    Contoh Teks Prosedur
    Langkah-Langkah Mematikan Komputer

    Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Komputer juga salah satu benda yang memiliki berbagai manfaat bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Terutama untuk seorang pegawai yang bekerja disebuah perusahaan atau kantor.

    Tujuan Teks Prosedur
    Tujuan teks prosedur yaitu untuk membantu pembaca atau pendengar memahami bagaimana cara mematikan komputer dari beberapa tipe komputer dengan tepat atau dengan kata lain, agar data-data atau settingan yang terakhir kita kerjakan tersimpan dalam system, Agar harddisk memiliki waktu untuk menyimpan data sebelum komputer mati. Tujuan penulisan teks prosedur yaitu untuk memperoleh hasil akhir bagaimana mematikan beberapa tipe komputer.

    Langkah langkah mematikan komputer
    Langkah- langkah mematikan Komputer Pada Beberapa Tipe Yang Benar
    Cara mematikan komputer pada windows XP, Vista, dan windows 7 yang benar adalah sebagai berikut:

    -Klik menu “START” yang berada pada pojok kiri bawah layar.
    -Lalu klik “shutdown”.
    -Lalu Pilih “OK”.
    Tunggu hingga komputer mati.
    -Setelah komputer mati, matikan stabilizer dengan cara menekan tombol power setelah itu cabut kabel listrik untuk memutuskan arus.
    Untuk langkah langkah mematikan komputer pada windows 8 yang benar adalah sebagai berikut:

    -Arahkan pointer mouse ke pojok kanan bawah.
    -Pilih, setelah itu klik setting.
    -Klik power, setelah itu klik shutdown.
    -Tunggu hingga komputer dalam keadaan benar-benar mati.
    Setelah itu matikan stabilier dan cabut kabel arus listrik.
    Penegasan Ulang
    Memang cara pencet tombol power terlihat mudah, karena cara ini hanya memerlukan satu langkah saja. Tetapi cara ini tidak baik untuk Komputer atau laptop anda, bahkan bisa menyebabkan laptop anda rusak. Jadi untuk menjaga keawetan komputer anda lakukan langkah-langkah di atas, saat mematikan komputer.

    Konjungsi :lalu, setelah
    Kata verba :adalah, alat

    ReplyDelete
  14. Nama:Lita Amelia
    Kls:X OTKP 1

    Cara Menghidupkan Komputer dan Cara Mematikan Komputer. Kemudian, kita diminta untuk menentukan bagian-bagian yang termasuk ke dalam pernyataan umum dan tahapan-tahapan melakukan suatu kegiatan.
    Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan kali ini.
    1. Cara Menghidupkan Komputer
    Komputer adalah salah satu perangkat elektronik yang sering digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Sebelum digunakan, komputer ini harus dioperasikan terlebih dahulu. Dalam pengoperasian komputer harus mengikuti setiap prosedur bagaimana cara menghidupkan komputer dengan benar. Untuk menghidupkan komputer dengan benar maka ikutilah langkah-langkah berikut:
    - Buka penutup (cover) monitor, CPU, keyboard dan printer.
    - Pastikan saklar yang menyediakan arus listrik terhubungan dengan kabel power ke stabilizer atau CPU komputer
    - Tekan tombol power pada CPU dan tombol power monitor.
    - Komputer akan booting, tunggu proses ini sampai selesai.
    - Setelah selesai proses booting, komputer siap digunakan.

    PERNYATAAN UMUM
    Komputer adalah salah satu perangkat elektronik yang sering digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Sebelum digunakan, komputer ini harus dioperasikan terlebih dahulu. Dalam pengoperasian komputer harus mengikuti setiap prosedur bagaimana cara menghidupkan komputer dengan benar. Untuk menghidupkan komputer dengan benar maka ikutilah langkah-langkah berikut:

    TAHAPAN-TAHAPAN MELAKUKAN SUATU KEGIATAN
    - Buka penutup (cover) monitor, CPU, keyboard dan printer.
    - Pastikan saklar yang menyediakan arus listrik terhubungan dengan kabel power ke stabilizer atau CPU komputer
    - Tekan tombol power pada CPU dan tombol power monitor.
    - Komputer akan booting, tunggu proses ini sampai selesai.
    - Setelah selesai proses booting, komputer siap digunakan.

    ReplyDelete
  15. Nama:khaila nur
    Kls:x otkp 2

    Cara Menghidupkan Komputer dan Cara Mematikan Komputer. Kemudian, kita diminta untuk menentukan bagian-bagian yang termasuk ke dalam pernyataan umum dan tahapan-tahapan melakukan suatu kegiatan.
    Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan kali ini.
    1. Cara Menghidupkan Komputer
    Komputer adalah salah satu perangkat elektronik yang sering digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Sebelum digunakan, komputer ini harus dioperasikan terlebih dahulu. Dalam pengoperasian komputer harus mengikuti setiap prosedur bagaimana cara menghidupkan komputer dengan benar. Untuk menghidupkan komputer dengan benar maka ikutilah langkah-langkah berikut:
    - Buka penutup (cover) monitor, CPU, keyboard dan printer.
    - Pastikan saklar yang menyediakan arus listrik terhubungan dengan kabel power ke stabilizer atau CPU komputer
    - Tekan tombol power pada CPU dan tombol power monitor.
    - Komputer akan booting, tunggu proses ini sampai selesai.
    - Setelah selesai proses booting, komputer siap digunakan.

    PERNYATAAN UMUM
    Komputer adalah salah satu perangkat elektronik yang sering digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Sebelum digunakan, komputer ini harus dioperasikan terlebih dahulu. Dalam pengoperasian komputer harus mengikuti setiap prosedur bagaimana cara menghidupkan komputer dengan benar. Untuk menghidupkan komputer dengan benar maka ikutilah langkah-langkah berikut:

    TAHAPAN-TAHAPAN MELAKUKAN SUATU KEGIATAN
    - Buka penutup (cover) monitor, CPU, keyboard dan printer.
    - Pastikan saklar yang menyediakan arus listrik terhubungan dengan kabel power ke stabilizer atau CPU komputer
    - Tekan tombol power pada CPU dan tombol power monitor.
    - Komputer akan booting, tunggu proses ini sampai selesai.
    - Setelah selesai proses booting, komputer siap digunakan.

    ReplyDelete
  16. Nama:Danu Eka Nugraha
    Kls:X
    Jurusan:TBSM
    Asal Sekolah:SMP TERBUKA 1 CUGENANG

    Teks Laporan Hasil Observasi:Sepeda Motor

    Sepeda Motor Adalah Kendaraan Beroda Dua Yang Di jalankan Oleh Mesin.Sedangkan Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,Sepeda Motor Adalah Sepeda Besar Yang DijalanKan Oleh Mesin.Kedua Roda Pada Sepeda Motor LetakNya Sebaris Lurus.Pada Kecepatan Tinggi,Sepeda Motor Tetap Stabil.Hal Itu Disebabkan Karena Adanya Gaya Giroskopik.Gaya Giroskopik Sendiri Adalah Suatu Usaha Yg Dilakukan Giroskop Untup Tetap Stail Berputar Pada Poros Yang Sudah Ditentukan.Apabila Kecepatan Rendah,Kestabilan Sepeda Motor Bergantung Pada Pengaturan Stang Motor Oleh Pengendara.

    Pada Abad 18,Motor Dibuat Dalam Bentuk Sepeda Besar Yang Ditenagai Dengan Mesin Uap.WalauPun Begitu,Mesin Uap Msih Blum Berhasil Dan Dilanjutkan Dengan Mesin Pembakaran Dalam.Saat Menggunakan Mesin Pembakaran Dalam,Sepeda Besar Tersebut Memiliki Tiga Roda.Pada Akhir Abad 18,Diciptakanlah Mesin Empat Tak Sebagai Pengganti Mesin Uap.Bentuk Sepeda Besar Juga Berubah Menjadi Sepeda Kayu Yang Sekaligus Menjadi Sepeda Motor Pertama DiDunia.

    Mesin Sepeda Motor Modern Seperti Yang Bnyak Ditemui Saat Ini Terdiri Dari 3 Bagian.Bagian² Tersebut Adalah Kepala Silinder,Blok Silinder Mesin,Dan Bak Engkol Mesin Kepala Silinder Berguna Untuk Ku Mencegah Kebocoran Kompresi Dan Melepaskan Panas.Kepala Silinder Terbuat Dari Bahan Aluminium Campuran Karena Tahan Karat,Tahan Pada Suhu Tinggi,Dan Ringan.SelanjutNya Untuk Blok Silinder Mesin Sebenarnya Adalah Satu Kesatuan Dengan Komponen Lainnya,Yaitu Silinder Linier.Kedua Nya Juga Terbuat Dari Bahan Yang Ringan Dan Tahan Pada Suhu Tinggi.Sedangkan Bak Engkol Mesin Merupakan Bagian Yang DitautKan Pada Rangka Sepeda Motor Dan Berguna Sebagai Rumah Dari Komponen-Komponen Sepeda Motor.

    Jenis-Jenis Motor Terbagi Menjadi Sepeda Motor Cruiser,Sepeda Motor Dual Sport.Sepeda Motor Touring,Sepeda Motor Skuter,Sepeda Motor Bebek,Sepeda Motor Sport,Sepeda Motor Sport Touring Dan,Sepeda Motor Listrik.Untuk Lebih KhusuNya,Sepeda Motor Dapat Dibedakan Menjadi Sepeda Motor Dengan PersNeling Standar,Sepeda Motor Dengan Kopling,Dan Sepeda Motor Matic.Sepeda Motor Dengan Persneling Standar Atau Yang Biasa Disebut Sepeda Motor Gigi Memiliki Akselerasi Standar.

    Perawatan Sepeda Motor Yang Utama Adalah Dengan Rajin Mengganti Oli.Penggunaan Oli Juga Harus DiperHatikan Sesuai Dengan Jenis Sepeda MotorNya Karena Berbeda Sepeda MotorBerbeda Pula Perawatan OliNya.Oli Juga Bisa Digunakan Untuk Melumasi Rantai Dan Gear.WaktuPenggatian Oli Juga Bisa Dibarengi Dengan Pembersihan Karburator.Selain Itu,Rutin Rutin Lah Mengecek Tekanan Ban Dan Rem Sebelum BeperGian.

    Teks Kebahasaan:
    Nomina:Sepeda Motor Dll.
    Verba:Kendaraan,Mesin Dll.

    ReplyDelete
  17. Nama:Danu Eka Nugraha
    Kls:X
    Jurusan:TBSM
    Asal Sekolah:SMP TERBUKA 1 CUGENANG

    Teks Laporan Hasil Observasi:Sepeda Motor

    Sepeda Motor Adalah Kendaraan Beroda Dua Yang Di jalankan Oleh Mesin.Sedangkan Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,Sepeda Motor Adalah Sepeda Besar Yang DijalanKan Oleh Mesin.Kedua Roda Pada Sepeda Motor LetakNya Sebaris Lurus.Pada Kecepatan Tinggi,Sepeda Motor Tetap Stabil.Hal Itu Disebabkan Karena Adanya Gaya Giroskopik.Gaya Giroskopik Sendiri Adalah Suatu Usaha Yg Dilakukan Giroskop Untup Tetap Stail Berputar Pada Poros Yang Sudah Ditentukan.Apabila Kecepatan Rendah,Kestabilan Sepeda Motor Bergantung Pada Pengaturan Stang Motor Oleh Pengendara.

    Pada Abad 18,Motor Dibuat Dalam Bentuk Sepeda Besar Yang Ditenagai Dengan Mesin Uap.WalauPun Begitu,Mesin Uap Msih Blum Berhasil Dan Dilanjutkan Dengan Mesin Pembakaran Dalam.Saat Menggunakan Mesin Pembakaran Dalam,Sepeda Besar Tersebut Memiliki Tiga Roda.Pada Akhir Abad 18,Diciptakanlah Mesin Empat Tak Sebagai Pengganti Mesin Uap.Bentuk Sepeda Besar Juga Berubah Menjadi Sepeda Kayu Yang Sekaligus Menjadi Sepeda Motor Pertama DiDunia.

    Mesin Sepeda Motor Modern Seperti Yang Bnyak Ditemui Saat Ini Terdiri Dari 3 Bagian.Bagian² Tersebut Adalah Kepala Silinder,Blok Silinder Mesin,Dan Bak Engkol Mesin Kepala Silinder Berguna Untuk Ku Mencegah Kebocoran Kompresi Dan Melepaskan Panas.Kepala Silinder Terbuat Dari Bahan Aluminium Campuran Karena Tahan Karat,Tahan Pada Suhu Tinggi,Dan Ringan.SelanjutNya Untuk Blok Silinder Mesin Sebenarnya Adalah Satu Kesatuan Dengan Komponen Lainnya,Yaitu Silinder Linier.Kedua Nya Juga Terbuat Dari Bahan Yang Ringan Dan Tahan Pada Suhu Tinggi.Sedangkan Bak Engkol Mesin Merupakan Bagian Yang DitautKan Pada Rangka Sepeda Motor Dan Berguna Sebagai Rumah Dari Komponen-Komponen Sepeda Motor.

    Jenis-Jenis Motor Terbagi Menjadi Sepeda Motor Cruiser,Sepeda Motor Dual Sport.Sepeda Motor Touring,Sepeda Motor Skuter,Sepeda Motor Bebek,Sepeda Motor Sport,Sepeda Motor Sport Touring Dan,Sepeda Motor Listrik.Untuk Lebih KhusuNya,Sepeda Motor Dapat Dibedakan Menjadi Sepeda Motor Dengan PersNeling Standar,Sepeda Motor Dengan Kopling,Dan Sepeda Motor Matic.Sepeda Motor Dengan Persneling Standar Atau Yang Biasa Disebut Sepeda Motor Gigi Memiliki Akselerasi Standar.

    Perawatan Sepeda Motor Yang Utama Adalah Dengan Rajin Mengganti Oli.Penggunaan Oli Juga Harus DiperHatikan Sesuai Dengan Jenis Sepeda MotorNya Karena Berbeda Sepeda MotorBerbeda Pula Perawatan OliNya.Oli Juga Bisa Digunakan Untuk Melumasi Rantai Dan Gear.WaktuPenggatian Oli Juga Bisa Dibarengi Dengan Pembersihan Karburator.Selain Itu,Rutin Rutin Lah Mengecek Tekanan Ban Dan Rem Sebelum BeperGian.

    Teks Kebahasaan:
    Nomina:Sepeda Motor Dll.
    Verba:Kendaraan,Mesin Dll.

    ReplyDelete
  18. Nama:Danu Eka Nugraha
    Kls:X
    Jurusan:TBSM
    Asal Sekolah:SMP TERBUKA 1 CUGENANG

    Teks Laporan Hasil Observasi:Sepeda Motor

    Sepeda Motor Adalah Kendaraan Beroda Dua Yang Di jalankan Oleh Mesin.Sedangkan Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,Sepeda Motor Adalah Sepeda Besar Yang DijalanKan Oleh Mesin.Kedua Roda Pada Sepeda Motor LetakNya Sebaris Lurus.Pada Kecepatan Tinggi,Sepeda Motor Tetap Stabil.Hal Itu Disebabkan Karena Adanya Gaya Giroskopik.Gaya Giroskopik Sendiri Adalah Suatu Usaha Yg Dilakukan Giroskop Untup Tetap Stail Berputar Pada Poros Yang Sudah Ditentukan.Apabila Kecepatan Rendah,Kestabilan Sepeda Motor Bergantung Pada Pengaturan Stang Motor Oleh Pengendara.

    Pada Abad 18,Motor Dibuat Dalam Bentuk Sepeda Besar Yang Ditenagai Dengan Mesin Uap.WalauPun Begitu,Mesin Uap Msih Blum Berhasil Dan Dilanjutkan Dengan Mesin Pembakaran Dalam.Saat Menggunakan Mesin Pembakaran Dalam,Sepeda Besar Tersebut Memiliki Tiga Roda.Pada Akhir Abad 18,Diciptakanlah Mesin Empat Tak Sebagai Pengganti Mesin Uap.Bentuk Sepeda Besar Juga Berubah Menjadi Sepeda Kayu Yang Sekaligus Menjadi Sepeda Motor Pertama DiDunia.

    Mesin Sepeda Motor Modern Seperti Yang Bnyak Ditemui Saat Ini Terdiri Dari 3 Bagian.Bagian² Tersebut Adalah Kepala Silinder,Blok Silinder Mesin,Dan Bak Engkol Mesin Kepala Silinder Berguna Untuk Ku Mencegah Kebocoran Kompresi Dan Melepaskan Panas.Kepala Silinder Terbuat Dari Bahan Aluminium Campuran Karena Tahan Karat,Tahan Pada Suhu Tinggi,Dan Ringan.SelanjutNya Untuk Blok Silinder Mesin Sebenarnya Adalah Satu Kesatuan Dengan Komponen Lainnya,Yaitu Silinder Linier.Kedua Nya Juga Terbuat Dari Bahan Yang Ringan Dan Tahan Pada Suhu Tinggi.Sedangkan Bak Engkol Mesin Merupakan Bagian Yang DitautKan Pada Rangka Sepeda Motor Dan Berguna Sebagai Rumah Dari Komponen-Komponen Sepeda Motor.

    Jenis-Jenis Motor Terbagi Menjadi Sepeda Motor Cruiser,Sepeda Motor Dual Sport.Sepeda Motor Touring,Sepeda Motor Skuter,Sepeda Motor Bebek,Sepeda Motor Sport,Sepeda Motor Sport Touring Dan,Sepeda Motor Listrik.Untuk Lebih KhusuNya,Sepeda Motor Dapat Dibedakan Menjadi Sepeda Motor Dengan PersNeling Standar,Sepeda Motor Dengan Kopling,Dan Sepeda Motor Matic.Sepeda Motor Dengan Persneling Standar Atau Yang Biasa Disebut Sepeda Motor Gigi Memiliki Akselerasi Standar.

    Perawatan Sepeda Motor Yang Utama Adalah Dengan Rajin Mengganti Oli.Penggunaan Oli Juga Harus DiperHatikan Sesuai Dengan Jenis Sepeda MotorNya Karena Berbeda Sepeda MotorBerbeda Pula Perawatan OliNya.Oli Juga Bisa Digunakan Untuk Melumasi Rantai Dan Gear.WaktuPenggatian Oli Juga Bisa Dibarengi Dengan Pembersihan Karburator.Selain Itu,Rutin Rutin Lah Mengecek Tekanan Ban Dan Rem Sebelum BeperGian.

    Teks Kebahasaan:
    Nomina:Sepeda Motor Dll.
    Verba:Kendaraan,Mesin Dll.

    ReplyDelete
  19. Nama:lita
    Kelas:X otkp2

    Definisi umum
    Laptop adalah komputer yang dapat dibawa kemana-mana atau sering di sebut "komputer jinjing".ukuran leptop relatif lebih kecil juga lebih ringan di bandinkan dengan komputer. Sumber daya laptop berasal dari baterai yang membuat laptop itu dapat menyala. Umumnya baterai laptop dapat bertahan ± 1-6 jam untuk menyala, tergantung cara si pengguna memakainya.


    Deskripsi bagian

    Laptop tentunya memiliki bagian-bagian yang penting bagi leptop itu sendiri , diantaranya:
    Power AC/DC Adapter
    Sebuah perangkat pada laptop, untuk menumkan daya, mengubah arus listrik AC menjadi DC. Fungsi utama dari perangkat ini adalah untuk melakukan pengisian baterai (charging)laptop.
    Baterai
    Perangkat yang berfungsi untuk menampung daya listrik yang akan digunakan oleh laptop pada saat laptoptidak terhubung ke steker listrik.
    Motherboard
    Papan utama yang terdapat pada laptop , berfungsi untuk menanamkan hardware-hardware lainnya. Motherboard laptop dirancancang secara spesifik sesuai dengan merk laptop masing-masing.
    CMOS Baterai
    Baterai yang terhubung langsung dengan sistem board laptop. Berfungsi untuk mempertahankan setting BIOS sebuah m otherboard.
    Keyboard
    Papan ketik yang terdiri dari tombol abjad dan tombol angka.
    Processor
    Otak dari sebuah laptop, processor juga dappat dibedakan berdasarkan merk, model, dan kecepatannya.
    CPU Cooling Fan
    Kipas kecil yang terdapat pada board laptop. Berfungsi untuk mengendalikan suhu dari sebuah processor.
    Memory RAM
    Randeom Acces Memory adalah sebuah memory yang terdapat pada laptop . berfungsi untuk melakukan penyimpanan data sementara yang akan disimpan di tempat penyimpanan yang permanen yaitu hard drive, selain itu RAM juga dapat berfungsi untuk meningkatkan kinerja sebuah laptop.
    Hard Drive
    Hardware untuk menampung data-data pada laptop, bisa berupa file maupun aplikasi.
    Graphic Card/Video Card
    Salah satu konponen atau hardware . berfungsi untuk menerjemahkan bahasa komputer ke bentuk gambar yang ditampilkan pada layar.
    Dan ada komponen-komponen lainnya yang lelum dijelaskan, diantaranya:
    CD/DVD
    Wireles Card
    LCD Screen
    LCD Screean Cable
    Display Hinges
    Sound Card/Audio Card
    Screen Bcklight Lamp
    Screen Inverter Bord
    Web Camera
    Dll.

    Deskripsi manfaat

    Pada era globalisasi seperti sekarang ini komputer sudah tidak asing lagi didengar oleh masyarakat. Misalnya di bidang pekerjaan semua orang di tuntut untuk mengerti menggunakan komputer , karena komputer merupakan sarana untuk mempermudah dan mempercepat proses dalam menyelesaikan pekerjaan.

    Menurut banyak pendapat ada beberapa manfaat dari komputer atau laptop, diantaranya:
    Mempermudah pekerjaan
    Sebagai alat untuk komunikasi
    Sebagai alat untuk hiburan.

    Pada umumnya ada beberapa manfaat dari laptop, diantaranya:
    Sebagai sarana mempermudah pekerjaan
    Sebagai sarana komunikasi
    Sebagai alat hiburan
    Sebagai alat pendidikan
    Sebagai sarana informasi
    Sebagai sarana usaha

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. Definisi umum
    Laptop adalah komputer yang dapat dibawa kemana-mana atau sering di sebut "komputer jinjing".ukuran leptop relatif lebih kecil juga lebih ringan di bandinkan dengan komputer. Sumber daya laptop berasal dari baterai yang membuat laptop itu dapat menyala. Umumnya baterai laptop dapat bertahan ± 1-6 jam untuk menyala, tergantung cara si pengguna memakainya.


    Deskripsi bagian

    Laptop tentunya memiliki bagian-bagian yang penting bagi leptop itu sendiri , diantaranya:
    Power AC/DC Adapter
    Sebuah perangkat pada laptop, untuk menumkan daya, mengubah arus listrik AC menjadi DC. Fungsi utama dari perangkat ini adalah untuk melakukan pengisian baterai (charging)laptop.
    Baterai
    Perangkat yang berfungsi untuk menampung daya listrik yang akan digunakan oleh laptop pada saat laptoptidak terhubung ke steker listrik.
    Motherboard
    Papan utama yang terdapat pada laptop , berfungsi untuk menanamkan hardware-hardware lainnya. Motherboard laptop dirancancang secara spesifik sesuai dengan merk laptop masing-masing.
    CMOS Baterai
    Baterai yang terhubung langsung dengan sistem board laptop. Berfungsi untuk mempertahankan setting BIOS sebuah m otherboard.
    Keyboard
    Papan ketik yang terdiri dari tombol abjad dan tombol angka.
    Processor
    Otak dari sebuah laptop, processor juga dappat dibedakan berdasarkan merk, model, dan kecepatannya.
    CPU Cooling Fan
    Kipas kecil yang terdapat pada board laptop. Berfungsi untuk mengendalikan suhu dari sebuah processor.
    Memory RAM
    Randeom Acces Memory adalah sebuah memory yang terdapat pada laptop . berfungsi untuk melakukan penyimpanan data sementara yang akan disimpan di tempat penyimpanan yang permanen yaitu hard drive, selain itu RAM juga dapat berfungsi untuk meningkatkan kinerja sebuah laptop.
    Hard Drive
    Hardware untuk menampung data-data pada laptop, bisa berupa file maupun aplikasi.
    Graphic Card/Video Card
    Salah satu konponen atau hardware . berfungsi untuk menerjemahkan bahasa komputer ke bentuk gambar yang ditampilkan pada layar.
    Dan ada komponen-komponen lainnya yang lelum dijelaskan, diantaranya:
    CD/DVD
    Wireles Card
    LCD Screen
    LCD Screean Cable
    Display Hinges
    Sound Card/Audio Card
    Screen Bcklight Lamp
    Screen Inverter Bord
    Web Camera
    Dll.

    Deskripsi manfaat

    Pada era globalisasi seperti sekarang ini komputer sudah tidak asing lagi didengar oleh masyarakat. Misalnya di bidang pekerjaan semua orang di tuntut untuk mengerti menggunakan komputer , karena komputer merupakan sarana untuk mempermudah dan mempercepat proses dalam menyelesaikan pekerjaan.

    Menurut banyak pendapat ada beberapa manfaat dari komputer atau laptop, diantaranya:
    Mempermudah pekerjaan
    Sebagai alat untuk komunikasi
    Sebagai alat untuk hiburan.

    Pada umumnya ada beberapa manfaat dari laptop, diantaranya:
    Sebagai sarana mempermudah pekerjaan
    Sebagai sarana komunikasi
    Sebagai alat hiburan
    Sebagai alat pendidikan
    Sebagai sarana informasi
    Sebagai sarana usaha.

    ReplyDelete
  22. Nama: sherina silviana
    Kelas :X OTKP 1
    Mapel :Bahasa indonesia
    Definisi umum
    Laptop adalah komputer yang dapat dibawa kemana-mana atau sering di sebut "komputer jinjing".ukuran leptop relatif lebih kecil juga lebih ringan di bandinkan dengan komputer. Sumber daya laptop berasal dari baterai yang membuat laptop itu dapat menyala. Umumnya baterai laptop dapat bertahan ± 1-6 jam untuk menyala, tergantung cara si pengguna memakainya.


    Deskripsi bagian

    Laptop tentunya memiliki bagian-bagian yang penting bagi leptop itu sendiri , diantaranya:
    Power AC/DC Adapter
    Sebuah perangkat pada laptop, untuk menumkan daya, mengubah arus listrik AC menjadi DC. Fungsi utama dari perangkat ini adalah untuk melakukan pengisian baterai (charging)laptop.
    Baterai
    Perangkat yang berfungsi untuk menampung daya listrik yang akan digunakan oleh laptop pada saat laptoptidak terhubung ke steker listrik.
    Motherboard
    Papan utama yang terdapat pada laptop , berfungsi untuk menanamkan hardware-hardware lainnya. Motherboard laptop dirancancang secara spesifik sesuai dengan merk laptop masing-masing.
    CMOS Baterai
    Baterai yang terhubung langsung dengan sistem board laptop. Berfungsi untuk mempertahankan setting BIOS sebuah m otherboard.
    Keyboard
    Papan ketik yang terdiri dari tombol abjad dan tombol angka.
    Processor
    Otak dari sebuah laptop, processor juga dappat dibedakan berdasarkan merk, model, dan kecepatannya.
    CPU Cooling Fan
    Kipas kecil yang terdapat pada board laptop. Berfungsi untuk mengendalikan suhu dari sebuah processor.
    Memory RAM
    Randeom Acces Memory adalah sebuah memory yang terdapat pada laptop . berfungsi untuk melakukan penyimpanan data sementara yang akan disimpan di tempat penyimpanan yang permanen yaitu hard drive, selain itu RAM juga dapat berfungsi untuk meningkatkan kinerja sebuah laptop.
    Hard Drive
    Hardware untuk menampung data-data pada laptop, bisa berupa file maupun aplikasi.
    Graphic Card/Video Card
    Salah satu konponen atau hardware . berfungsi untuk menerjemahkan bahasa komputer ke bentuk gambar yang ditampilkan pada layar.
    Dan ada komponen-komponen lainnya yang lelum dijelaskan, diantaranya:
    CD/DVD
    Wireles Card
    LCD Screen
    LCD Screean Cable
    Display Hinges
    Sound Card/Audio Card
    Screen Bcklight Lamp
    Screen Inverter Bord
    Web Camera
    Dll.

    Deskripsi manfaat

    Pada era globalisasi seperti sekarang ini komputer sudah tidak asing lagi didengar oleh masyarakat. Misalnya di bidang pekerjaan semua orang di tuntut untuk mengerti menggunakan komputer , karena komputer merupakan sarana untuk mempermudah dan mempercepat proses dalam menyelesaikan pekerjaan.

    Menurut banyak pendapat ada beberapa manfaat dari komputer atau laptop, diantaranya:
    Mempermudah pekerjaan
    Sebagai alat untuk komunikasi
    Sebagai alat untuk hiburan.

    Pada umumnya ada beberapa manfaat dari laptop, diantaranya:
    Sebagai sarana mempermudah pekerjaan
    Sebagai sarana komunikasi
    Sebagai alat hiburan
    Sebagai alat pendidikan
    Sebagai sarana informasi
    Sebagai sarana usaha

    ReplyDelete
  23. Nama: sherina silviana
    Kelas :X OTKP 1
    Mapel :Bahasa indonesia
    Definisi umum
    Laptop adalah komputer yang dapat dibawa kemana-mana atau sering di sebut "komputer jinjing".ukuran leptop relatif lebih kecil juga lebih ringan di bandinkan dengan komputer. Sumber daya laptop berasal dari baterai yang membuat laptop itu dapat menyala. Umumnya baterai laptop dapat bertahan ± 1-6 jam untuk menyala, tergantung cara si pengguna memakainya.


    Deskripsi bagian

    Laptop tentunya memiliki bagian-bagian yang penting bagi leptop itu sendiri , diantaranya:
    Power AC/DC Adapter
    Sebuah perangkat pada laptop, untuk menumkan daya, mengubah arus listrik AC menjadi DC. Fungsi utama dari perangkat ini adalah untuk melakukan pengisian baterai (charging)laptop.
    Baterai
    Perangkat yang berfungsi untuk menampung daya listrik yang akan digunakan oleh laptop pada saat laptoptidak terhubung ke steker listrik.
    Motherboard
    Papan utama yang terdapat pada laptop , berfungsi untuk menanamkan hardware-hardware lainnya. Motherboard laptop dirancancang secara spesifik sesuai dengan merk laptop masing-masing.
    CMOS Baterai
    Baterai yang terhubung langsung dengan sistem board laptop. Berfungsi untuk mempertahankan setting BIOS sebuah m otherboard.
    Keyboard
    Papan ketik yang terdiri dari tombol abjad dan tombol angka.
    Processor
    Otak dari sebuah laptop, processor juga dappat dibedakan berdasarkan merk, model, dan kecepatannya.
    CPU Cooling Fan
    Kipas kecil yang terdapat pada board laptop. Berfungsi untuk mengendalikan suhu dari sebuah processor.
    Memory RAM
    Randeom Acces Memory adalah sebuah memory yang terdapat pada laptop . berfungsi untuk melakukan penyimpanan data sementara yang akan disimpan di tempat penyimpanan yang permanen yaitu hard drive, selain itu RAM juga dapat berfungsi untuk meningkatkan kinerja sebuah laptop.
    Hard Drive
    Hardware untuk menampung data-data pada laptop, bisa berupa file maupun aplikasi.
    Graphic Card/Video Card
    Salah satu konponen atau hardware . berfungsi untuk menerjemahkan bahasa komputer ke bentuk gambar yang ditampilkan pada layar.
    Dan ada komponen-komponen lainnya yang lelum dijelaskan, diantaranya:
    CD/DVD
    Wireles Card
    LCD Screen
    LCD Screean Cable
    Display Hinges
    Sound Card/Audio Card
    Screen Bcklight Lamp
    Screen Inverter Bord
    Web Camera
    Dll.

    Deskripsi manfaat

    Pada era globalisasi seperti sekarang ini komputer sudah tidak asing lagi didengar oleh masyarakat. Misalnya di bidang pekerjaan semua orang di tuntut untuk mengerti menggunakan komputer , karena komputer merupakan sarana untuk mempermudah dan mempercepat proses dalam menyelesaikan pekerjaan.

    Menurut banyak pendapat ada beberapa manfaat dari komputer atau laptop, diantaranya:
    Mempermudah pekerjaan
    Sebagai alat untuk komunikasi
    Sebagai alat untuk hiburan.

    Pada umumnya ada beberapa manfaat dari laptop, diantaranya:
    Sebagai sarana mempermudah pekerjaan
    Sebagai sarana komunikasi
    Sebagai alat hiburan
    Sebagai alat pendidikan
    Sebagai sarana informasi
    Sebagai sarana usaha

    ReplyDelete
  24. Nama: siti saskia
    Kelas : X otkp 1
    Mapel: bahasa indonesiaDefinisi umum
    Laptop adalah komputer yang dapat dibawa kemana-mana atau sering di sebut "komputer jinjing".ukuran leptop relatif lebih kecil juga lebih ringan di bandinkan dengan komputer. Sumber daya laptop berasal dari baterai yang membuat laptop itu dapat menyala. Umumnya baterai laptop dapat bertahan ± 1-6 jam untuk menyala, tergantung cara si pengguna memakainya.


    Deskripsi bagian

    Laptop tentunya memiliki bagian-bagian yang penting bagi leptop itu sendiri , diantaranya:
    Power AC/DC Adapter
    Sebuah perangkat pada laptop, untuk menumkan daya, mengubah arus listrik AC menjadi DC. Fungsi utama dari perangkat ini adalah untuk melakukan pengisian baterai (charging)laptop.
    Baterai
    Perangkat yang berfungsi untuk menampung daya listrik yang akan digunakan oleh laptop pada saat laptoptidak terhubung ke steker listrik.
    Motherboard
    Papan utama yang terdapat pada laptop , berfungsi untuk menanamkan hardware-hardware lainnya. Motherboard laptop dirancancang secara spesifik sesuai dengan merk laptop masing-masing.
    CMOS Baterai
    Baterai yang terhubung langsung dengan sistem board laptop. Berfungsi untuk mempertahankan setting BIOS sebuah m otherboard.
    Keyboard
    Papan ketik yang terdiri dari tombol abjad dan tombol angka.
    Processor
    Otak dari sebuah laptop, processor juga dappat dibedakan berdasarkan merk, model, dan kecepatannya.
    CPU Cooling Fan
    Kipas kecil yang terdapat pada board laptop. Berfungsi untuk mengendalikan suhu dari sebuah processor.
    Memory RAM
    Randeom Acces Memory adalah sebuah memory yang terdapat pada laptop . berfungsi untuk melakukan penyimpanan data sementara yang akan disimpan di tempat penyimpanan yang permanen yaitu hard drive, selain itu RAM juga dapat berfungsi untuk meningkatkan kinerja sebuah laptop.
    Hard Drive
    Hardware untuk menampung data-data pada laptop, bisa berupa file maupun aplikasi.
    Graphic Card/Video Card
    Salah satu konponen atau hardware . berfungsi untuk menerjemahkan bahasa komputer ke bentuk gambar yang ditampilkan pada layar.
    Dan ada komponen-komponen lainnya yang lelum dijelaskan, diantaranya:
    CD/DVD
    Wireles Card
    LCD Screen
    LCD Screean Cable
    Display Hinges
    Sound Card/Audio Card
    Screen Bcklight Lamp
    Screen Inverter Bord
    Web Camera
    Dll.

    Deskripsi manfaat

    Pada era globalisasi seperti sekarang ini komputer sudah tidak asing lagi didengar oleh masyarakat. Misalnya di bidang pekerjaan semua orang di tuntut untuk mengerti menggunakan komputer , karena komputer merupakan sarana untuk mempermudah dan mempercepat proses dalam menyelesaikan pekerjaan.

    Menurut banyak pendapat ada beberapa manfaat dari komputer atau laptop, diantaranya:
    Mempermudah pekerjaan
    Sebagai alat untuk komunikasi
    Sebagai alat untuk hiburan.

    Pada umumnya ada beberapa manfaat dari laptop, diantaranya:
    Sebagai sarana mempermudah pekerjaan
    Sebagai sarana komunikasi
    Sebagai alat hiburan
    Sebagai alat pendidikan
    Sebagai sarana informasi
    Sebagai sarana usaha

    ReplyDelete
  25. Nama:Alya Aulia Bilqisti
    Kls:x
    Jurusan:Otkp 1
    Laptop adalah komputer yang dapat dibawa kemana-mana atau sering di sebut "komputer jinjing".ukuran leptop relatif lebih kecil juga lebih ringan di bandinkan dengan komputer. Sumber daya laptop berasal dari baterai yang membuat laptop itu dapat menyala. Umumnya baterai laptop dapat bertahan ± 1-6 jam untuk menyala, tergantung cara si pengguna memakainya.


    Deskripsi bagian

    Laptop tentunya memiliki bagian-bagian yang penting bagi leptop itu sendiri , diantaranya:
    Power AC/DC Adapter
    Sebuah perangkat pada laptop, untuk menumkan daya, mengubah arus listrik AC menjadi DC. Fungsi utama dari perangkat ini adalah untuk melakukan pengisian baterai (charging)laptop.
    Baterai
    Perangkat yang berfungsi untuk menampung daya listrik yang akan digunakan oleh laptop pada saat laptoptidak terhubung ke steker listrik.
    Motherboard
    Papan utama yang terdapat pada laptop , berfungsi untuk menanamkan hardware-hardware lainnya. Motherboard laptop dirancancang secara spesifik sesuai dengan merk laptop masing-masing.
    CMOS Baterai
    Baterai yang terhubung langsung dengan sistem board laptop. Berfungsi untuk mempertahankan setting BIOS sebuah m otherboard.
    Keyboard
    Papan ketik yang terdiri dari tombol abjad dan tombol angka.
    Processor
    Otak dari sebuah laptop, processor juga dappat dibedakan berdasarkan merk, model, dan kecepatannya.
    CPU Cooling Fan
    Kipas kecil yang terdapat pada board laptop. Berfungsi untuk mengendalikan suhu dari sebuah processor.
    Memory RAM
    Randeom Acces Memory adalah sebuah memory yang terdapat pada laptop . berfungsi untuk melakukan penyimpanan data sementara yang akan disimpan di tempat penyimpanan yang permanen yaitu hard drive, selain itu RAM juga dapat berfungsi untuk meningkatkan kinerja sebuah laptop.
    Hard Drive
    Hardware untuk menampung data-data pada laptop, bisa berupa file maupun aplikasi.
    Graphic Card/Video Card
    Salah satu konponen atau hardware . berfungsi untuk menerjemahkan bahasa komputer ke bentuk gambar yang ditampilkan pada layar.
    Dan ada komponen-komponen lainnya yang lelum dijelaskan, diantaranya:
    CD/DVD
    Wireles Card
    LCD Screen
    LCD Screean Cable
    Display Hinges
    Sound Card/Audio Card
    Screen Bcklight Lamp
    Screen Inverter Bord
    Web Camera
    Dll.

    Deskripsi manfaat

    Pada era globalisasi seperti sekarang ini komputer sudah tidak asing lagi didengar oleh masyarakat. Misalnya di bidang pekerjaan semua orang di tuntut untuk mengerti menggunakan komputer , karena komputer merupakan sarana untuk mempermudah dan mempercepat proses dalam menyelesaikan pekerjaan.

    Menurut banyak pendapat ada beberapa manfaat dari komputer atau laptop, diantaranya:
    Mempermudah pekerjaan
    Sebagai alat untuk komunikasi
    Sebagai alat untuk hiburan.

    Pada umumnya ada beberapa manfaat dari laptop, diantaranya:
    Sebagai sarana mempermudah pekerjaan
    Sebagai sarana komunikasi
    Sebagai alat hiburan
    Sebagai alat pendidikan
    Sebagai sarana informasi
    Sebagai sarana usaha.


    Reply

    ReplyDelete
  26. Nama :amar lasmana
    Kls x otkp 1
    Definisi umum
    Laptop adalah komputer yang dapat dibawa kemana-mana atau sering di sebut "komputer jinjing".ukuran leptop relatif lebih kecil juga lebih ringan di bandinkan dengan komputer. Sumber daya laptop berasal dari baterai yang membuat laptop itu dapat menyala. Umumnya baterai laptop dapat bertahan ± 1-6 jam untuk menyala, tergantung cara si pengguna memakainya.


    Deskripsi bagian

    Laptop tentunya memiliki bagian-bagian yang penting bagi leptop itu sendiri , diantaranya:
    Power AC/DC Adapter
    Sebuah perangkat pada laptop, untuk menumkan daya, mengubah arus listrik AC menjadi DC. Fungsi utama dari perangkat ini adalah untuk melakukan pengisian baterai (charging)laptop.
    Baterai
    Perangkat yang berfungsi untuk menampung daya listrik yang akan digunakan oleh laptop pada saat laptoptidak terhubung ke steker listrik.
    Motherboard
    Papan utama yang terdapat pada laptop , berfungsi untuk menanamkan hardware-hardware lainnya. Motherboard laptop dirancancang secara spesifik sesuai dengan merk laptop masing-masing.
    CMOS Baterai
    Baterai yang terhubung langsung dengan sistem board laptop. Berfungsi untuk mempertahankan setting BIOS sebuah m otherboard.
    Keyboard
    Papan ketik yang terdiri dari tombol abjad dan tombol angka.
    Processor
    Otak dari sebuah laptop, processor juga dappat dibedakan berdasarkan merk, model, dan kecepatannya.
    CPU Cooling Fan
    Kipas kecil yang terdapat pada board laptop. Berfungsi untuk mengendalikan suhu dari sebuah processor.
    Memory RAM
    Randeom Acces Memory adalah sebuah memory yang terdapat pada laptop . berfungsi untuk melakukan penyimpanan data sementara yang akan disimpan di tempat penyimpanan yang permanen yaitu hard drive, selain itu RAM juga dapat berfungsi untuk meningkatkan kinerja sebuah laptop.
    Hard Drive
    Hardware untuk menampung data-data pada laptop, bisa berupa file maupun aplikasi.
    Graphic Card/Video Card
    Salah satu konponen atau hardware . berfungsi untuk menerjemahkan bahasa komputer ke bentuk gambar yang ditampilkan pada layar.
    Dan ada komponen-komponen lainnya yang lelum dijelaskan, diantaranya:
    CD/DVD
    Wireles Card
    LCD Screen
    LCD Screean Cable
    Display Hinges
    Sound Card/Audio Card
    Screen Bcklight Lamp
    Screen Inverter Bord
    Web Camera
    Dll.

    Deskripsi manfaat

    Pada era globalisasi seperti sekarang ini komputer sudah tidak asing lagi didengar oleh masyarakat. Misalnya di bidang pekerjaan semua orang di tuntut untuk mengerti menggunakan komputer , karena komputer merupakan sarana untuk mempermudah dan mempercepat proses dalam menyelesaikan pekerjaan.

    Menurut banyak pendapat ada beberapa manfaat dari komputer atau laptop, diantaranya:
    Mempermudah pekerjaan
    Sebagai alat untuk komunikasi
    Sebagai alat untuk hiburan.

    Pada umumnya ada beberapa manfaat dari laptop, diantaranya:
    Sebagai sarana mempermudah pekerjaan
    Sebagai sarana komunikasi
    Sebagai alat hiburan
    Sebagai alat pendidikan
    Sebagai sarana informasi
    Sebagai sarana usaha

    ReplyDelete
  27. Nama:Moh Imron Apriadi
    Kls: X TBSM
    Sepeda motor adalah kendaraan beroda dua yang dijalankan oleh mesin. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sepeda motor adalah sepeda besar yang dijalankan oleh mesin. Kedua roda pada sepeda motor letaknya sebaris lurus. Pada kecepatan tinggi, sepeda motor tetap stabil. Hal itu disebabkan karena adanya gaya giroskopik. Gaya giroskopik sendiri adalah suatu usaha yang dilakukan giroskop untuk tetap stail berputar pada poros yang sudah ditentukan. Apabila kecepatan rendah, kestabilan sepeda motor bergantung pada pengaturan setang oleh pengendara.

    Pada abad 18, motor dibuat dalam bentuk sepeda besar yang ditenagai dengan mesin uap. Walaupun begitu, mesin uap masih belum berhasil dan dilanjutkan dengan mesin pembakaran dalam. Saat menggunakan mesin pembakaran dalam, sepeda besar tersebut memiliki tiga roda. Pada akhir abad 18, diciptakanlah mesin empat tak sebagai pengganti mesin uap. Bentuk sepeda besar juga berubah menjadi sepeda kayu yang sekaligus menjadi sepeda motor pertama di dunia.
    Mesin sepeda motor modern seperti yang banyak ditemui saat ini terdiri dari 3 bagian. Bagian-bagian tersebut adalah kepala silinder, blok silinder mesin, dan bak engkol mesin. Kepala silinder berguna untuku mencegah kebocoran kompresi dan melepaskan panas. Kepala silinder terbuat dari bahan aluminium campuran karena tahan karat, tahan pada suhu tinggi, dan ringan. Selanjutnya untuk blok silinder mesin sebenarnya adalah satu kesatuan dengan komponen lainnya, yaitu silinder linier. Keduanya juga terbuat dari bahan yang ringan dan tahan pada suhu tinggi. Sedangkan bak engkol mesin merupakan bagian yang ditautkan pada rangka sepeda motor dan berguna sebagai rumah dari komponen-komponen sepeda motor. Bak engkol mesin juga terbuat dari bahan yang sama dan terletak di bawah blok silinder.

    Jenis-jenis motor terbagi menjadi sepeda motor cruiser, sepeda motor dual sport, sepeda motor touring, sepeda motor skuter, sepeda motor bebek, sepeda motor sport, sepeda motor sport touring, dan sepeda motor listrik. Untuk lebih khususnya, sepeda motor dapat dibedakan menjadi sepeda motor dengan persneling standar, sepeda motor dengan kopling, dan sepeda motor matic. Sepeda motor dengan persneling standar atau yang biasa disebut sepeda motor gigi memiliki akselerasi standar. Sepeda motor gigi didesain untuk digunakan di jalan mendatar seperti di perkotaan. Sedangkan sepeda motor dengan kopling memiliki akselerasi yang tinggi. Dengan akselerasi yang tinggi sepeda motor dengan kopling tidak mengalami kesulitan dalam jalan menanjak. Sepeda motor matic sendiri dijalankan dengan tenaga mesin tanpa persneling atau kopling. Walaupun begitu, sepeda motor matic memiliki akselerasi yang tinggi seperti sepeda motor kopling.

    Perawatan sepeda motor yang utama adalah dengan rajin mengganti oli. Penggunaaan oli juga harus diperhatikan sesuai dengan jenis sepeda motornya karena berbeda sepeda motor berbeda pula perawatan olinya. Oli juga bisa digunakan untuk melumasi rantai dan gear. Waktu penggantian oli juga bisa dibarengi dengan pembersihan karburator. Selain itu, rutin-rutinlah mengecek tekanan ban dan rem sebelum bepergian. Untuk tekanan ban perlu diperhatikan karena tekanan ban depan berbeda dengan ban belakang.

    ReplyDelete
  28. Nama:iis aminah
    Kls :x otkp 2
    Definisi umum
    Laptop adalah komputer yang dapat dibawa kemana-mana atau sering di sebut "komputer jinjing".ukuran leptop relatif lebih kecil juga lebih ringan di bandinkan dengan komputer. Sumber daya laptop berasal dari baterai yang membuat laptop itu dapat menyala. Umumnya baterai laptop dapat bertahan ± 1-6 jam untuk menyala, tergantung cara si pengguna memakainya.


    Deskripsi bagian

    Laptop tentunya memiliki bagian-bagian yang penting bagi leptop itu sendiri , diantaranya:
    Power AC/DC Adapter
    Sebuah perangkat pada laptop, untuk menumkan daya, mengubah arus listrik AC menjadi DC. Fungsi utama dari perangkat ini adalah untuk melakukan pengisian baterai (charging)laptop.
    Baterai
    Perangkat yang berfungsi untuk menampung daya listrik yang akan digunakan oleh laptop pada saat laptoptidak terhubung ke steker listrik.
    Motherboard
    Papan utama yang terdapat pada laptop , berfungsi untuk menanamkan hardware-hardware lainnya. Motherboard laptop dirancancang secara spesifik sesuai dengan merk laptop masing-masing.
    CMOS Baterai
    Baterai yang terhubung langsung dengan sistem board laptop. Berfungsi untuk mempertahankan setting BIOS sebuah m otherboard.
    Keyboard
    Papan ketik yang terdiri dari tombol abjad dan tombol angka.
    Processor
    Otak dari sebuah laptop, processor juga dappat dibedakan berdasarkan merk, model, dan kecepatannya.
    CPU Cooling Fan
    Kipas kecil yang terdapat pada board laptop. Berfungsi untuk mengendalikan suhu dari sebuah processor.
    Memory RAM
    Randeom Acces Memory adalah sebuah memory yang terdapat pada laptop . berfungsi untuk melakukan penyimpanan data sementara yang akan disimpan di tempat penyimpanan yang permanen yaitu hard drive, selain itu RAM juga dapat berfungsi untuk meningkatkan kinerja sebuah laptop.
    Hard Drive
    Hardware untuk menampung data-data pada laptop, bisa berupa file maupun aplikasi.
    Graphic Card/Video Card
    Salah satu konponen atau hardware . berfungsi untuk menerjemahkan bahasa komputer ke bentuk gambar yang ditampilkan pada layar.
    Dan ada komponen-komponen lainnya yang lelum dijelaskan, diantaranya:
    CD/DVD
    Wireles Card
    LCD Screen
    LCD Screean Cable
    Display Hinges
    Sound Card/Audio Card
    Screen Bcklight Lamp
    Screen Inverter Bord
    Web Camera
    Dll.

    Deskripsi manfaat

    Pada era globalisasi seperti sekarang ini komputer sudah tidak asing lagi didengar oleh masyarakat. Misalnya di bidang pekerjaan semua orang di tuntut untuk mengerti menggunakan komputer , karena komputer merupakan sarana untuk mempermudah dan mempercepat proses dalam menyelesaikan pekerjaan.

    Menurut banyak pendapat ada beberapa manfaat dari komputer atau laptop, diantaranya:
    Mempermudah pekerjaan
    Sebagai alat untuk komunikasi
    Sebagai alat untuk hiburan.

    Pada umumnya ada beberapa manfaat dari laptop, diantaranya:
    Sebagai sarana mempermudah pekerjaan
    Sebagai sarana komunikasi
    Sebagai alat hiburan
    Sebagai alat pendidikan
    Sebagai sarana informasi
    Sebagai sarana usaha.

    ReplyDelete
  29. Nama:Miana zunita sheila pani
    Kelas:X-ATPH2

    -Brokoli
    Pernyataan umum : Bagian brokoli yang dimakan adalah kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Sebagian besar kepala bunga tersebut dikelilingi dedaunan. Brokoli paling mirip dengan kembang kol, namun brokoli berwarna hijau, sedangkan kembang kol putih.
    Definisi bagian : 1. Habitat dan Penyebaran

    Brokoli merupakan tanaman yang hidup pada cuaca dingin. Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan. Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama (sekitar 1970-an).

    2. Kandungan Tanaman

    Brokoli banyak mengandung Sulforapan (SFN). Selain itu dari proses biosintesis di dalam brokoli juga dihasilkan 3,3-diindolilmetana (DIM). Juga terdapat kandungan lemak, protein, karbohidrat, serat, air, zat besi, kalsium, mineral, dan bermacam vitamin (A, C, E, Vitamin, ribofalvin, nikotinamide).
    Definisi manfaat : Manfaat Tanaman

    Brokoli berkhasiat mempercepat penyembuhan penyakit serta mencegah dan menghambat perkembangan sel-sel kanker di dalam tubuh. Terutama penyakit kanker yang berkaitan dengan hormon, seperti kanker payudara pada wanita, dan kenker prostat yang mengancam pria.

    Manfaat lain, brokoli mampu mencegah serangan stroke. Ini terbukti melalui penelitian yang dilakukan tim epidemologi dari Harvard University. Tanaman ini sangat baik dikonsumsi penderita kencing manis. Kandungan chromium dan seratnya dapat mengatur kadar gula darah. Brokoli memperkuat sel-sel tulang. Mengkonsumsinya sejak muda, mencegah penyakit pengeroposan tulang (osteoporosis) di usia tua (Dalimartha, ).




    -kata verba
    Makan
    Kelilingi
    Hidup
    Budidaya
    Masuk
    Mencegah
    Menghambat

    -nomina
    Brokoli
    Bunga
    Pohon
    Dingin
    Laut tengah
    Yunani kuno
    Indonesia
    Air
    Vitamin

    ReplyDelete
  30. Nama:Sahrul maula r
    Kls : atph 2
    1.Pertnyataan umum:Bayam merupakan tumbuhan yang biasa di tanam untuk di konsumsi daunnya sebagai sayuran hijau . Tumbuhan ini berasal dari Amerika Tropic, namun sekarang tersebar ke seluruh dunia . Tumbuhan ini dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting

    Bayam dapat tumbuh sepanjang tahun dan ditemukan pada ketinggian 2-5 diatas permukaan laut . Tumbuh di daerah panas dan dingin , tetapi tumbuhan ini lebih subur di dataran rendah pada lahan yang terbuka yang udaranya sedikit panas . Struktur tubuh tumbuhan ini tegak , condong , tinggi 0,4-1m , dan bercabang , batang lemah dan berair , dan memiliki tangkai , berbentuk bulat telur , lemas , panjang 5-8 cm , ujung tumpul , pangkal runcing , serta warnanya hijau , merah , hijau keputihan , bunga dalam tunggal yang rapat , bagian bawah duduk ketiak , bagian atas berkumpul di karangan bunga di ujung tangkai dan ketiak bercabang , bunga.

    2.Kandungan:Bayam di manfaatkan sebagai makanan berserat , sangat di anjurkan untuk di konsumsi oleh penderita kanker usus besar , penderita kencing manis , kolestrol tinggi , dan menurunkan berat badan .

    ReplyDelete
  31. Nama:Sahrul maula r
    Kls : atph 2
    1.Pertnyataan umum:Bayam merupakan tumbuhan yang biasa di tanam untuk di konsumsi daunnya sebagai sayuran hijau . Tumbuhan ini berasal dari Amerika Tropic, namun sekarang tersebar ke seluruh dunia . Tumbuhan ini dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting

    Bayam dapat tumbuh sepanjang tahun dan ditemukan pada ketinggian 2-5 diatas permukaan laut . Tumbuh di daerah panas dan dingin , tetapi tumbuhan ini lebih subur di dataran rendah pada lahan yang terbuka yang udaranya sedikit panas . Struktur tubuh tumbuhan ini tegak , condong , tinggi 0,4-1m , dan bercabang , batang lemah dan berair , dan memiliki tangkai , berbentuk bulat telur , lemas , panjang 5-8 cm , ujung tumpul , pangkal runcing , serta warnanya hijau , merah , hijau keputihan , bunga dalam tunggal yang rapat , bagian bawah duduk ketiak , bagian atas berkumpul di karangan bunga di ujung tangkai dan ketiak bercabang , bunga.

    2.Kandungan:Bayam di manfaatkan sebagai makanan berserat , sangat di anjurkan untuk di konsumsi oleh penderita kanker usus besar , penderita kencing manis , kolestrol tinggi , dan menurunkan berat badan .

    ReplyDelete
  32. Nama : Dewi Rahmawati
    kelas : X-OTKP 2

    Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedurnya yang telah di rumuskan. Kata computer pada awalanya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.
    Komputer terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak (Software) dan perangkat keras (hardware).
    a. Perangkat keras
    Pemroses atau CPU sebagai unit pengolah data Memori RAM. Data untuk diproses oleh CPU seperti, mouse, keyboard, dan tablet perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor, speaker, headset, plotter, proyektor, dan printer.
    Adapun beberapa jenis komputer pada masa kini yaitu :
    1. Komputer analog
    2. Komputer pulsa
    3. Mikro komputer
    4. Komputer rumah (home komputer)
    5. Komputer pribadi
    6. Mini komputer
    7. Main frame computer
    8. Super komputer

    ReplyDelete
  33. SAYA SINTIA SARI MEMAKAI AKUN BIBI SAYA

    nama:Sintia Sari
    Kelas:X-Otkp 2

    Definisi umum
    Laptop adalah komputer yang dapat dibawa kemana-mana atau sering di sebut "komputer jinjing".ukuran leptop relatif lebih kecil juga lebih ringan di bandinkan dengan komputer. Sumber daya laptop berasal dari baterai yang membuat laptop itu dapat menyala. Umumnya baterai laptop dapat bertahan ± 1-6 jam untuk menyala, tergantung cara si pengguna memakainya.


    Deskripsi bagian

    Laptop tentunya memiliki bagian-bagian yang penting bagi leptop itu sendiri , diantaranya:
    Power AC/DC Adapter
    Sebuah perangkat pada laptop, untuk menumkan daya, mengubah arus listrik AC menjadi DC. Fungsi utama dari perangkat ini adalah untuk melakukan pengisian baterai (charging)laptop.
    Baterai
    Perangkat yang berfungsi untuk menampung daya listrik yang akan digunakan oleh laptop pada saat laptoptidak terhubung ke steker listrik.
    Motherboard
    Papan utama yang terdapat pada laptop , berfungsi untuk menanamkan hardware-hardware lainnya. Motherboard laptop dirancancang secara spesifik sesuai dengan merk laptop masing-masing.
    CMOS Baterai
    Baterai yang terhubung langsung dengan sistem board laptop. Berfungsi untuk mempertahankan setting BIOS sebuah m otherboard.
    Keyboard
    Papan ketik yang terdiri dari tombol abjad dan tombol angka.
    Processor
    Otak dari sebuah laptop, processor juga dappat dibedakan berdasarkan merk, model, dan kecepatannya.
    CPU Cooling Fan
    Kipas kecil yang terdapat pada board laptop. Berfungsi untuk mengendalikan suhu dari sebuah processor.
    Memory RAM
    Randeom Acces Memory adalah sebuah memory yang terdapat pada laptop . berfungsi untuk melakukan penyimpanan data sementara yang akan disimpan di tempat penyimpanan yang permanen yaitu hard drive, selain itu RAM juga dapat berfungsi untuk meningkatkan kinerja sebuah laptop.
    Hard Drive
    Hardware untuk menampung data-data pada laptop, bisa berupa file maupun aplikasi.
    Graphic Card/Video Card
    Salah satu konponen atau hardware . berfungsi untuk menerjemahkan bahasa komputer ke bentuk gambar yang ditampilkan pada layar.
    Dan ada komponen-komponen lainnya yang lelum dijelaskan, diantaranya:
    CD/DVD
    Wireles Card
    LCD Screen
    LCD Screean Cable
    Display Hinges
    Sound Card/Audio Card
    Screen Bcklight Lamp
    Screen Inverter Bord
    Web Camera
    Dll.

    Deskripsi manfaat

    Pada era globalisasi seperti sekarang ini komputer sudah tidak asing lagi didengar oleh masyarakat. Misalnya di bidang pekerjaan semua orang di tuntut untuk mengerti menggunakan komputer , karena komputer merupakan sarana untuk mempermudah dan mempercepat proses dalam menyelesaikan pekerjaan.

    Menurut banyak pendapat ada beberapa manfaat dari komputer atau laptop, diantaranya:
    Mempermudah pekerjaan
    Sebagai alat untuk komunikasi
    Sebagai alat untuk hiburan.

    Pada umumnya ada beberapa manfaat dari laptop, diantaranya:
    Sebagai sarana mempermudah pekerjaan
    Sebagai sarana komunikasi
    Sebagai alat hiburan
    Sebagai alat pendidikan

    Verba:memakai,menyelesaikan,mudah,menggunakan.
    Nomina:power AC/DC,layar,memory,layar,dan komputer.

    ReplyDelete

BERBAHASA SEJAK LAHIR

  BERBAHASA SEJAK LAHIR :Siti Halimah   “Terdapat banyak bukti bahwa manusia memiliki warisan biologi yang sudah ada sejak lahir berup...