ULASAN BUKU “GURU MALAS
GURU RAJIN” KARYA SUKADI
Oleh Siti Halimah
A. Identitas Buku
- Penulis : Sukadi
- Penyunting isi & Korektor : -
- Desain Sampul :Dadan Sulaeman
- Desain Isi : Dadan Sulaeman
- Finishing Isi : -
- ISBN : 978-602-17288-7-9
- Penerbit : MSQ Publishing
- Tahun Terbit : 2011
- Jumlah Halaman : 199 Hal
B. Sinopsis
Kehadiran buku ini bukan
sekadar untuk memperbanyak koleksi buku tentang dunia pendidikan melainkan ingin memberikan kontribusi yang konkret
kepada para guru untuk memahami dan
menjadi guru yang sejati. Buku
ini berisi tentang berbagai judul dan penjelasan diantaranya mengenai bagaimana guru
sejati, bagaimana membangun mindset guru yang baik, bagaimana tipe guru dalam pendidikan,
bagaimana menjadi pribadi guru yang menyenang dan bagaimana sikap dan perlakuan
guru yang merusak mentalitasi siswa.
Ada pertanyaan bagaimana menjadi guru sejati, apakah guru yang menyenangkan? Guru yang menyenangkan adalah guru yang memberikan kesenangan dan kepuasan belajar bagi para siswa, tapi dirinya juga senang melaksanakan tugasnya. Hal itu juga ditopang dua yaitu kepribadian dan kompetensi. Kepribadian yang memberikan aura positif serta kompeten dalam bidangnya.
Kemudian dalam mindset seorang guru tentunya harus dibentuk untuk pembelajaran yang maju. Ada dua jenis mindset yaitu(1) mindset tetap (menghindari tantangan atau kegagalan, takut, khawatir, pesimistik) dan (2) mindset bekembang adalah makluk yang senantiasa berkembang yaitu harapan, percaya diri, dan pemanfaatan peluang).
Bagaimana guru membangun hubungan yang baik dengan siswa:
- Menghindari
kebiasaan salahkan omeli kritik
- Memberikan
penghargaan yang jujur dan ikhlas
- Mendorong
minat siswa untuk berhasil
- Memberikan
perhatian yang sungguh-sungguh
- Membiasakan
tersenyum
- Memanggil
siswa dengan nama
- Menjadi
pendengaryang baik
- Bicara sesuai
dengan lawan bicara
- Membuat lawan
bisaca mearasa penting
Banyak sekali
tipe guru dalam pendidikan diantaranya ditinjau dari motivasi yaitu guru
terpaksa, guru pekerja dan guru panggilan jiwa. Ditinjau dari cara menghadapi
siswa yaitu guru yang otoriter dan guru yang laisseiz faire, guru demokratis dan pseudo demokratis. Ditinjau dari cara membimbing yaitu guru perintis
jalan (menjadi contoh), guru motivator, guru penguasa dan guru penyayang. Ditinjau
dari memberikan nilai yaitu guru killer, pemurah dan objektif. Ditinjau dari
reaksinya dalam merepon stimulus yaitu guru reaksional, proaktif, guru don’t care. Guru ditinjau dari sikapya
dalam mengadapi perubahan yaitu stone
teacher (keras atau guru sentris berpusat ada guru), sponge teacher (peka terhadap perubahan), generator teacher ( sanat responsip tapi selektif dalam menerma
setiap perubahan)
Pribadi guru yang menyenangkan diantaranyan proaktif, cerdas, empati, bijaksana, kreatif dan inofatif, selalu belajar, humoris, bersahabat, mengetahui kebutuhan siswa, bersikap adil, sederhana, komunikatif, sabar, rendah hati, penyayng, tegas, mengayomi, berdisiplin, mengahrgai siswa, tulus, berpikir positif, pemaaf, demokratis, familiar.
Sikap dan perlakuan guru yang merusak mentalitas siswa diantaanya reaktif (dikendalikan keadaan), suka mencela siswa, tidak aadil, emosiaonal, malas belajar, mudah putus asa, tidak disiplin, tidak peduli kepada siswa, sering meninggalkan kelas, berprilaku buruk, tinggi hati, merasa paling pintar, berprilaku buruk, otoriter, pendendam, tidak teliti, berfikir negative, tidak konsisiten.
Seni mengelola kelas yaitu membuat dan meneggakkan aturan, menertibkan suasana kelas memberikan reward dan reinforcement, variatif dalam menggunakan metode dan media pembelajaran, keterampilan bertanya, mengenali siswa, mengembangkan humor, mengendalikan siswa agar tetap belajar, apresiasi dan closure, berpenampilan menarik dan mengendalikan hasil belajar siswa.
C. Orientasi
Buku ini berisikan
informasi mengenai menjadi guru yang menyenangkan, mindet guru, tipe guru dalam
pendidikan, pribadi guru yang menyenangkan, sikap dan perlakuan guru yang meneruskan
mentalitas siswa, seni mengelola kelas. Buku
ini memaparkan bagaimana menjadi guru yang sesungguhnya dengan bahasa yang mudah dipahami sehingga dapat
dibaca oleh semua kalanngan. meskipun demikian buku ini juga dikhususka
untuk para pendidikan dan pengajar semua jenjang pendidikan
D. Tafsiran Isi
Buku ini berisi suatau cara
untuk
meningkatkan kualitas menjadi seorang guru. Penulis juga mengajarkan bagimana
seharunsnya seorang guru menempatkan diri dalam lingkungannya. Berikut adalah
tafsiran isi yang ada dalam buku tersebut.
BAB I menjadi guru sejati, yang menyenangkan? Gambaran mengenai bagaimana menjadi guru yang sejati.
BAB II mindet guru, dengan gambaran bagaimana memiliki mindset untuk menjadi seorang guru yang baik.
BAB III tipe guru dalam pendidikan, adlaah gambaran mengenai tipe-tipe sorang guru dalam pendidikan
BAB IV pribadi guru ynag menyenagkan, adalah gambaran karakter yang seperti apa saja yang harus dimiliki oleh sorang guru dalam mengahadapi siswa
BAB V sikap dan perlakuan guru yang merusak mentalitas siswa, adalah karakter yang harus dihindari ketika berhadapan dengan siswa.
BAB VI seni mengelola kelas, adalah suatu cara untuk mengelola kelas dengan baik dan terkendali.
E. Evaluasi
Keunggulan dari buku ini
secara fisik memiliki cover
bukunya pun tebal dan sederhana.
Secara isinya, pada penyajian materi sangat ringkas dan mudah dipahami
dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Contoh yang diberikan lumayan lengkap, tidak ada penjelasan yang rumit, dan semuanya terangkum dengan jelas menggunakan
poin-poin penting. Pembaca tidak akan merasa kesulitan dalam mencari berbagai
informasi mengenai buku ini. Sedangkan
kelemahan pada fisiknya, kualitas binding-nya kurang meskipun bisa awet dan
tahan lama dimana kertas mudah lepas kalau dibuka secara tidak hati-hati.
F. Rangkuman Evaluasi
Buku guru
malasa dan guru rajian merupakan bahan bacaan
untuk kalangan pendidik untuk mengelola siswanya ,juga berguna dalam memberikan informasi tentang cara-cara menjadi
guru ynag baik. Para pembaca dapat belajar dan paham
tentang menjadi guru yang amneyenangkan. Buku ini pun cocok untuk semua kalangan
terpelajar yang ingin meningkatkan literasi khususnya guru.
Mantap bu guru!
ReplyDeletehihihi
DeleteBisa pesan bukunya ??
ReplyDeletegak jualan, dishopee coba atau di tokopedia hehe
Delete