Perempuan yang akrab dengan Sunyi dan Kopi. Setelah mencintai Mahari, Bunga, dan Tamtam. Ada yang lebih aku cintai yaitu ular, katak dan laba-laba.- Siti Halimah

ULASAN BUKU “GURU MALAS GURU RAJIN” KARYA SUKADI

 

ULASAN BUKU “GURU MALAS GURU RAJIN” KARYA SUKADI 

Oleh Siti Halimah 

 





A.          Identitas Buku

  • Penulis                                        : Sukadi
  • Penyunting isi & Korektor         -
  • Desain Sampul                           :Dadan Sulaeman
  • Desain Isi                                   : Dadan Sulaeman
  • Finishing Isi                               : -
  • ISBN                                          : 978-602-17288-7-9
  • Penerbit                                      : MSQ Publishing
  • Tahun Terbit                               2011
  • Jumlah Halaman                         : 199 Hal

  

B.     Sinopsis

Kehadiran buku ini bukan sekadar untuk memperbanyak koleksi buku tentang dunia pendidikan melainkan ingin memberikan kontribusi yang konkret kepada para guru untuk memahami dan menjadi guru yang sejati.  Buku ini berisi tentang berbagai judul dan penjelasan diantaranya mengenai bagaimana guru sejati, bagaimana membangun mindset guru yang baik,  bagaimana tipe guru dalam pendidikan, bagaimana menjadi pribadi guru yang menyenang dan bagaimana sikap dan perlakuan guru yang merusak mentalitasi siswa. 

Ada pertanyaan bagaimana menjadi guru sejati, apakah guru yang menyenangkan? Guru yang menyenangkan adalah guru yang memberikan kesenangan dan kepuasan belajar bagi para siswa, tapi dirinya juga senang melaksanakan tugasnya. Hal itu juga ditopang dua yaitu kepribadian dan kompetensi. Kepribadian yang memberikan aura positif serta kompeten dalam bidangnya.

Kemudian dalam mindset seorang guru tentunya harus dibentuk untuk pembelajaran yang maju. Ada dua jenis mindset yaitu(1)  mindset tetap (menghindari tantangan atau kegagalan, takut, khawatir, pesimistik) dan (2) mindset bekembang adalah makluk yang senantiasa berkembang yaitu harapan, percaya diri, dan pemanfaatan peluang).  


Bagaimana guru membangun hubungan yang baik dengan siswa:

  • Menghindari kebiasaan salahkan omeli kritik
  • Memberikan penghargaan yang jujur dan ikhlas
  • Mendorong minat siswa untuk berhasil
  • Memberikan perhatian yang sungguh-sungguh
  •  Membiasakan tersenyum
  • Memanggil siswa dengan nama
  • Menjadi pendengaryang baik
  • Bicara sesuai dengan lawan bicara
  • Membuat lawan bisaca mearasa penting

 

Banyak sekali tipe guru dalam pendidikan diantaranya ditinjau dari motivasi yaitu guru terpaksa, guru pekerja dan guru panggilan jiwa. Ditinjau dari cara menghadapi siswa yaitu guru yang otoriter dan guru yang laisseiz faire, guru demokratis dan pseudo demokratis. Ditinjau dari cara membimbing yaitu guru perintis jalan (menjadi contoh), guru motivator, guru penguasa dan guru penyayang. Ditinjau dari memberikan nilai yaitu guru killer, pemurah dan objektif. Ditinjau dari reaksinya dalam merepon stimulus yaitu guru reaksional, proaktif, guru don’t care. Guru ditinjau dari sikapya dalam mengadapi perubahan yaitu stone teacher (keras atau guru sentris berpusat ada guru), sponge teacher (peka terhadap perubahan), generator teacher ( sanat responsip tapi selektif dalam menerma setiap perubahan)

Pribadi guru yang menyenangkan diantaranyan proaktif, cerdas, empati, bijaksana, kreatif dan inofatif, selalu belajar, humoris, bersahabat, mengetahui kebutuhan siswa, bersikap adil, sederhana, komunikatif, sabar, rendah hati, penyayng, tegas, mengayomi, berdisiplin, mengahrgai siswa, tulus, berpikir positif, pemaaf, demokratis, familiar.

Sikap dan perlakuan guru yang merusak mentalitas siswa diantaanya reaktif (dikendalikan keadaan), suka mencela siswa, tidak aadil, emosiaonal, malas belajar, mudah putus asa, tidak disiplin, tidak peduli kepada siswa, sering meninggalkan kelas, berprilaku buruk, tinggi hati, merasa paling pintar, berprilaku buruk, otoriter, pendendam, tidak teliti, berfikir negative, tidak konsisiten.

Seni mengelola kelas yaitu membuat dan meneggakkan aturan, menertibkan suasana kelas memberikan reward dan reinforcement, variatif dalam menggunakan metode dan media pembelajaran, keterampilan bertanya, mengenali siswa, mengembangkan humor, mengendalikan siswa agar tetap belajar, apresiasi dan closure, berpenampilan menarik dan mengendalikan hasil belajar siswa.

 

C.    Orientasi

Buku ini berisikan informasi mengenai menjadi guru yang menyenangkan, mindet guru, tipe guru dalam pendidikan, pribadi guru yang menyenangkan, sikap dan perlakuan guru yang meneruskan mentalitas siswa, seni mengelola kelas. Buku ini memaparkan bagaimana menjadi guru yang sesungguhnya dengan bahasa yang mudah  dipahami sehingga dapat dibaca oleh semua kalanngan. meskipun demikian buku ini juga dikhususka untuk para pendidikan dan pengajar semua jenjang pendidikan

 

D.    Tafsiran Isi

Buku ini berisi suatau cara untuk meningkatkan kualitas menjadi seorang guru. Penulis juga mengajarkan bagimana seharunsnya seorang guru menempatkan diri dalam lingkungannya. Berikut adalah tafsiran isi yang ada dalam buku tersebut.

BAB I menjadi guru sejati, yang menyenangkan? Gambaran mengenai bagaimana menjadi guru yang sejati.

BAB II mindet guru, dengan gambaran bagaimana memiliki mindset untuk menjadi seorang guru yang baik.

BAB III tipe guru dalam pendidikan, adlaah gambaran mengenai tipe-tipe sorang guru dalam pendidikan

BAB IV pribadi guru ynag menyenagkan, adalah gambaran karakter yang seperti apa saja yang harus dimiliki oleh sorang guru dalam mengahadapi siswa

BAB V sikap dan perlakuan guru yang merusak mentalitas siswa, adalah karakter yang harus dihindari ketika berhadapan dengan siswa.

BAB VI seni mengelola kelas, adalah suatu cara untuk mengelola kelas dengan baik dan terkendali.


E.     Evaluasi

Keunggulan dari buku ini secara fisik memiliki cover bukunya pun  tebal dan sederhana. Secara isinya, pada penyajian materi sangat ringkas dan mudah dipahami  dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengertiContoh yang diberikan lumayan lengkap, tidak ada penjelasan yang rumit, dan semuanya terangkum dengan jelas menggunakan poin-poin penting. Pembaca tidak akan merasa kesulitan dalam mencari berbagai informasi mengenai buku ini. Sedangkan kelemahan pada fisiknya, kualitas binding-nya kurang meskipun bisa awet dan tahan lama dimana kertas mudah lepas kalau dibuka secara tidak hati-hati.


F.        Rangkuman Evaluasi

Buku guru malasa dan guru rajian  merupakan bahan bacaan untuk kalangan pendidik untuk mengelola siswanya ,juga  berguna dalam memberikan informasi tentang cara-cara menjadi guru ynag baik. Para pembaca dapat belajar dan paham tentang menjadi guru yang amneyenangkan. Buku ini pun cocok untuk semua kalangan terpelajar yang ingin meningkatkan literasi khususnya guru. 

 

 

 

4 comments:

BERBAHASA SEJAK LAHIR

  BERBAHASA SEJAK LAHIR :Siti Halimah   “Terdapat banyak bukti bahwa manusia memiliki warisan biologi yang sudah ada sejak lahir berup...