Perempuan yang akrab dengan Sunyi dan Kopi. Setelah mencintai Mahari, Bunga, dan Tamtam. Ada yang lebih aku cintai yaitu ular, katak dan laba-laba.- Siti Halimah

Problematika Berbahasa

MASALAH PROBLEMATIKA BERBAHASA

Penguasaan bahasa yang benar sesuai dengan kaidah yang ada merupakan kunci kelancaran dan kesempurnaan proses komunikasi. Seseorang tidak dapat menyampaikan dan menerima perasaan, pikiran, dan gagasan secara efektif, apabila orang tersebut tidak menguasai bahasa sebagai sarananya, secara benar. Bahkan tingkat kualitas kegiatan intelektual seseorang akan sangat ditentukan oleh tingkat penguasaan bahasa yang dimilikinya.
Atas dasar itu, dan melihat pernyataan bahwa masih banyaknya penyimpangan dan terjadi dalam proses berbahasa, serta banyaknya pemakai bahasa yang sering menemukan masalah-masalah kebahasaan tertentu, maka penyususn melakukan penyususan laporan buku yang berkaitan dengan masalah-masalah tersebut di atas, buku yang penyusun gunakan sebagai acuan untuk menjawab segala permasalahan adalah buku yang berjudul Problematika Bahasa Indonesia (Sebuah Analisis Praktis Bahasa Baku) karya Kusno Budi Santoso. Karena didalam buku ini ditampilkan beberapa data penyimpangan baik dalam aspek fonologi, morfologi, maupun sintaksis, yang kemudian dianalisa secara normatis dan sekaligus dikembalikan kepada bentuk bakunya. Selain itu sistem matika penyusunannya berupa analisa praktis sehingga buku ini dapat dipakai sebagai dasar acuan normatis dalam berbahasa indonesia yang benar dan baku.

Berikut adalah data menta masalah problematika berbahasa dalam tuturan seorang pembicara pada suatu acara dialog pendidikan yang dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa.

DATA MENTAH
Bismillahirahmanirahim.. assalamualaikum wr. wb. ya supaya seimbang tadi ibu Dr. Nong berdiri, kemudian yang baru saja bapak juga berdiri. Saya ingin menemani pak Ridwan duduk, ijinkan saya untuk duduk ya? Senang saya ditugasi menjadi pembicara yang terakhir karena materi itu berbagai masalah dan kondisi nyata di kabupaten Cianjur sudah dipaparkan oleh tiga narasumber yang terlebih dahulu. Saya hanya akan menyoroti dari bagaimana pendidikan tinggi khususnya Universitas Suryakancana, kalo menerima surat dari panitia itu meminta supaya membahas apa peran pendidikan dalam pembangunan Cianjur, ketika kita menanyakan dan merenung tentang itu, apa peran kita sebagai bagian dari pendidikan ini untuk mengembangkan kabupaten Cianjur, untuk menjawab semuanya itu tadi sudah saya kemukakan, ada dua hal yang ada di depan mata kita yang harus kita benahi dari sistem pendidikan, apa yang dua hal itu? yang pertama adalah tantangan global tadi dan yang kedua tantangan nasional, mengapa kita perlu memikirkan dan perlu menyelesaikan dengan tantangan yang ada tadi, tantangan global, ini yang menyebabkan perlunya internasionalisasi. Yang kedua tantangan global menuntut kita untuk memenuhi standar kualifikasi, tantangan global menuntut kita untuk menghasilkan tenaga kerja yaitu sumber daya manusia yang keluar dari pendidikan tinggi, tantangan global keempat adalah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta komunikasi, itu tantangan global yang ada dihadapan kita. Yang kedua tantangan nasional atau tantangan dalam negeri, transformasi, demokrasi dan juga reformasi ini berbuah sesuatu yang menuntut kita melihat betapa kondisi kita seperti itu yang kedua desentralisasi dan otonomi daerah yang tadi disebutkan ada masalah yang terdapat bagaimana ini dengan pengangkatan rekrutmen guru. Tadi bu Dr. Nong sudah menyebutkan pengangkatan PNS itu kebijakan pusat yang diimplementasikan oleh daerah, nanti bagaimana juga otonomi daerah, kemudian yang ketiga masalah persatuan dan kesatuan dan yang keempat, yang bagian dari tantangan nasional ini adalah pergeseran karakter bangsa, yang kelima yaitu harapan publik kepada perguruan tinggi sebagai kekuatan moral, harapan publik kepada perguruan tinggi sebagai lembaga yang bisa menghasilkan sesuatu yang diperlukan oleh masyarakat, ini semua adalah tantangan, tantangan bagi pendidikan  tinggi, oleh karena itu unsur mempunyai visi untuk bisa memenuhi dan bisa menyelesaikan atau menghadapi berbagai tantangan itu mempunyai visi pada tahun 2031 unsur menjadi lembaga yang berstandar internasional yang lulusannya unggul dan mandiri dalam ilmu pengetahuan dan teknologi mampu bersaing tidak hanya di tataran regional tapi juga nasional dan internasional, beriman dan bertakwa kepada tuhan YME serta membawa kesejahteraan bagi kehidupan masyarakat, itulah visi unsur.  Tahun 2031 kalau kita lihat, sekarang tahun 2015 jadi kurang lebih 15 tahun lagi. Bagaimana kita bisa mencapai agar unsur sebagai lembaga pendidikan tinggi yang akan menghasilkan SDM yang mampu memenuhi tantangan tadi maka unsur mempunyai rencana strategis dan rencana strategis itu akan dilaksanakan setiap 5 tahun sekali, sudara-sudara untuk mencapai semuanya itu maka unsur sejak tahun 2009, waktu itu saya ditugasi menjadi pembantu rektor 4 yang bergerak dibidang humas dan kerjasama. Tahun 2009  saya menginginkan unsur tidak hanya eksis di tingkat regional, nasional  tetapi juga internasional oleh karena itu pada tahun 2009 itu, 2010 awal, unsur melakukan kerjasama, kerjasama dengan berbagai lembaga ditingkan regional, nasional dan internasional, ditingkat internasional yang pertama, unsur bekerjasama dengan University of Malaya dengan universitas di malaysia yang sangat besar sehingga kita bisa belajar dari sana dan sampai dengan tahun 2015 ini ditingkat internasional, unsur sudah  melakukan MOU dan (bahasa inggris) itu dengan 52 universitas di berbagai negara baik di asean  di eropa timur maupun di eropa barat, apa ini fungsinya? Dari kerjasama itu apa? dari kerjasama ini  maka kita akan mencoba mengarahkan kepada menjadikan lembaga unsur ini sebagai lembaga yang berstandar, berstandar yang pertama standar setara nasional standar yang kedua nanti standar setara internasional, baru kemarin, pak ini, tahun .. bukan tahun masih hitungan bulan, hitungan bulan kemarin bulan ahir maret kita sudah melaksanakan akreditasi perguruan tinggi, akreditasi perguruan tinggi untuk unsur kemarin sudah kita laksanakan pada bulan maret. Perguruan tinggi di Indonesia ada kurang lebih 3500 dan baru perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang mengajukan akreditasi baru sekitar kurang lebih 700 perguruan tinggi negeri dan swasta termasuk didalamnya unsur sudah mengajukan. Apa yang mesti kita lakukan dengan standar itu? dengan standar nasional yangh harus kita benahi, maka pendidikan mulai dari program studi, fakultas, rektorat dan universitas ini maka sistem pendidikan yang harus kita benahi bagaimana proses pembelajaran itu supaya sesuai dengan standar pendidikan tinggi, arahan yang mengharuskan pelaksanaan proses pembelajaran sesuai dengan standar pendidikan tinggi ini, ini mengharuskan pelaksanaan tridarma perguruan tinggi yang pertama pendidikan harus berbasis penelitian, yang kedua pendidikan harus, bukan harus tapi wajib melaksanakan pengabdian. Standar pendidikan tinggi ini mengharuskan kita seperti itu maka proses pembelajaran yang selanjutnya itu perlu diciptakan oleh SDM-SDM tenaga kependidikan maupun tenaga pendidik dosen yang berkualifikasi.  Oleh karena itu, tahun 2009 sampai dengan tahun 2010 di unsur tenaga pendidik dosen yang berkualifikasi S3 itu baru kurang lebih 3 orang, tapi sekarang tahun 2015 sudah lebih dari 20 orang dan ini terus dilaksanakan supaya dosen termasuk mahasiswa melakukan pendidikan-pendidikan lebih lanjut lagi, kita sudah melakukan kerjasama beberapa dosen sedang melaksanakan pendidikan baik didalam maupun luar negeri diantaranya di Spanyol mudah-mudahan segera selesai karena sudah beberapa tahun sekarang sedang program penelitian disertasi. Kemudian juga beberapa dosen lain sedang melakukan studi lanjut baik itu S3..S3 selanjutnya berdasarkan itu maka sistem pendidikan selain proses pembelajarannya yang tadi berbasis penelitian supaya nanti bisa melakukan kebermanfaatan kepada masyarakat di unsur dilakukan juga kerjasama dengan dinas-dinas terkait, terutama untuk pengembangan-pengembangan dunia industri maka dilakukanlah berbagai pengabdian dan penelitian para dosen kita sudah banyak yang melakukan pengadian kepada masyarakat khususnya di kabupaten Cianjur dan kita melakukan juga kerjasama baik dalam  penelitian dan pengabdian dengan provinsi juga, juga pemerintah pusat. Nah dengan kondisi seperti ini, maka mahasiswa sebagai bagian di dalamnya itu wajib mendukung pelaksanaan program ini sehingga sistem pendidikan kita betul-betul tadi bisa menyelesaikan segala tantangan yang ada bisa menjadikan pendidikan kita berstandar, tidak hanya standar nasional tetapi juga internasional dan ini dimulai dari proses pembelajaran kita dari mahasiswa, dari dosen, dan semua pelaku e..... akademik di e... di tataran akademik Universitas Suryakancana. Kondisi ini yang mengharuskan kita selalu menata bagaimana sebaiknya kurikulum, bagaimana sebaiknya pelaksanaan berbagai kegiatan semuanya itu ditata sehingga kita bisa terus menyesuaikan diri dengan tuntutan zaman dan tuntutan kebutuhan, terutama dari berbagai peraturan yang ada. Ini dari fakultas keguruan misalnya ada yang kita sebut dengan sertifikasi dan pendidikan profesi, bagaimana supaya fakultas kita fakultas keguruan dan ilmu pendidikan sebagai bagian dari lembaga yang mengeluarkan tenaga-tenaga pendidik atau guru bisa membentuk program pendidikan profesi. Salah satu syaratnya adalah kita harus mempunyai asrama mahasiswa. Oleh karena itu, tagline kita mudah-mudahan rencana pembangunan kita itu sudah mempersiapkan wilayah untuk asrama mahasiswa putra dan putri. Tidak mungkin kita bisa melakukan pendidikan profesi di tempat kita sendiri kalau tidak memenuhi persyaratan. Persyaratan yang pertama adalah harus ada sekian doktor. Oleh karena itu sekarang semua dosen, semua dosen itu terus di apa dimotivasi untuk melanjutkan studi lanjut karena tidak mungkin ada pendidikan profesi kalau dokternya kurang. Yang kedua tadi karena persyaratan yang kedua kita harus ada asrama untuk mahasiswa putra dan putri, maka kita sudah mempersiapkan merencanakan pada tahun ke sekian kita harus ada asrama untuk putra dan putri. Mohon doa dari semuanya. Rencana pembangunan kita tidak hanya di dalam pengembangan sarana tapi juga tadi di pengembangan prasarananya ya. Oleh karena itu,  kerjasama sudara semuanya para mahasiswa, dan juga dosen serta tenaga kependidikan ini sangat perlukan. Sebab ini tidak mungkin perguruan tinggi kita mendapat kepercayaan baik dari lembaga di tingkat regional, nasional, apalagi internasional kalau kita sendiri di dalamnya belum bisa berbenah diri, maka yang wajib kita laksanakan adalah berbenah diri. Harus tercipta kenyamanan bagi mahasiswa, dosen, dan semua tenaga kependidikan di dalam pelaksanaan kegiatan Universitas Suryakancana itu. Ini semuanya tidak mungkin kita bisa mencapai itu kalau kita berdiam diri dan berpangku tangan, tidak mungkin. Tapi perlu kerja keras kita, perlu dituntut pemikiran kita bagaimana supaya langkah-langkah itu jangan hanya simbol, langkah-langkah itu bisa terwujud dengan baik. Tahun 2000 kita itu Universitas Suryakancana ini merger dari dua perguaran tinggi yaitu Sekolah Tinggi Hukum dan Sekolah Tinggi Keguruan dan Pendidikan yang kemudian menambah fakultas baru yaitu Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik dan Fakultas Agama Islam dengan Fakultas yang ada dengan 15 program studi ditambah dua prodi magister tahun pertahun dari sejak 2001 sekarang sudah tahun 2015 jadi usia nya masih sangat belia masih 15 tahun unsur ini, tahun pertahun perkembangannya harus diperhatikan dan untuk menjadikan standar internasional tahun 2031 tahapan-tahapan pada tahun 2001 sampai dengan 2005 kita masih melakukan proses adiptif dan pada 2006-2010 kita melaksanakan proses integratif dan seterusnya sehingga tahun 2031 kita menjadi lembaga pendidikan internasional. Saya kira itu ya supaya tidak terlalu panjang mudah-mudahan nanti kalau ada yang ditanyakan ditanya jawab saja, apa yang disampaikan mudah-mudahan bermanfaat dan saya titip untuk saudara-saudara, saya aldi dan ketua bem dan semua panitia beruntung saudara betul pendidikan itu tidak hanya diraih di bangku kelas sehingga nanti untuk sodara-sodara ke depan sodara tidak hanya keluar dari pendidikan tinggi dengan selembar ijazah dan selembar transkip nilai, tapi berdasarkan sistem pendidikan yang ada nanti sodara akan keluar dari pendidikan tinggi ini dengan yang pertama selmbar ijazah, yang kedua selembar transkip nilai dan yang ketiga SKPI yaitu Surat Keterangan Pendamping Ijazah. Apa itu SKPI? Surat Keterangan Pendapming Ijazah itu didalamnya berisi tetang identitas sodara, salah satu diantaranya adalah apakah saudara itu aktifis himpunan, aktifis BEM, aktifis DPM, BKIM atau mapaca, atau apapun akan tertulis didalamnya. Jadi selamat sodara-sodara pupuk terus kreatvitas dan aktifitas sodara jadikan pengalaman sangat berarti karena akan sekian tahun akan datang akan terukir di dalam Surat Keterangan Pendamping Ijazah. Selamat untuk semuanya. Wabillahi taufiq walhidayah. Wassalamualaikum WR. Wb.

PENGANALISISAN
KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA DALAM ACARA SEMINAR DIALOG PENDIDIKAN PADA PEMATERI 4
Mengumpulkan data: berupa kesalahan berbahasa yang dilakukan oleh siswa, misalnya hasil ulangan, karangan, atau percakapan.
Sampel data
No.
Sampel Data
1.
Senang saya ditugasi menjadi pembicara yang terakhir karena materi itu berbagai masalah dan kondisi nyata…”
2.
Kalo menerima surat dari panitia itu meminta supaya membahas apa peran pendidikan dalam pembangunan cianjur…”
3.
Kalo menerima surat dari panitia itu meminta supaya membahas apa peran pendidikan dalam pembangunan cianjur…”
4.
Ada masalah yang terdapat bagaimana ini dengan pengangkatan rekrutmen guru.
5.
Tadi bu Dr. Nom sudah menyebutkan pengangkatan PNS itu kebijakan pusat yang diimplementasikan oleh daerah, nanti bagaimana juga otonomi daerah…”
6.
Tahun 2031 kalau kita lihat, sekarang tahun 2015 jadi kurang lebih 15 tahun lagi.
7.
Sudara-sudara  untuk mencapai semuanya itu maka unsur sejak tahun 2009.
8.
Unsur sudah melakukan MOU dan (bahasa Inggris) itu dengan 52 universitas di berbagai Negara baik di ASEAN, di Eropa Timur maupun di Eropa Barat, apa ini fungsinya? Dari kerjasama itu apa?
9.
Dari kerjasama ini maka kita akan mencoba mengarah kepada menjadikan lembaga unsure ini sebagai lembaga yang berstandar.
10.
Selanjutnya berdasarkan itu maka sistem pendidikan selain proses pembelajarannya yang tadi berbasis penelitian.
11.
Supaya nanti bisa melakukan kebermanfaatan kepada masyarakat di unsur dilakukan juga kerja sama dengan dinas-dinas terkait.
12.
Oleh karena itu, deadline kita mudah-mudahan rencana pembangunan kita itu sudah mempersiapkan wilayah untuk asrama mahasiswa putra dan putri.
13.
Oleh karena itu, deadline kita mudah-mudahan rencana pembangunan kita itu sudah mempersiapkan wilayah untuk asrama mahasiswa putra dan putri.
14.
Ini dari fakultas misalnya ada yang kita sebut dengan sertifikasi dan pendidikan profesi.
15.
Oleh karena itu, sekarang semua dosen, semua dosen itu terus di apa di motivasi untuk melanjutkan studi lanjut karena tidak mungkin ada pendidikan profesi kalau dolternya kurang.
16.
Yang kedua tadi karena persyaratan yang kedua kita harus ada asrama untuk mahasiswa putra dan putri.
17.
Sebab ini tidak mungkin perguruan tinggi kita mendapat kepercayaan baik dari lembaga tingkat regional, nasional, dan internasional.
18.
Ini semuanya tidak mungkin kita bisa mencapai itu kalau kita berdiam diri dan berpangku tangan.
19.
Tahun 2000 kita itu universitas suryakancana ini marger dari dua perguruan tinggi.
20.
Saya kira itu ya supaya tidak terlalu panjang.
21.
Aktivitas sodara jadikan pengalaman sangat berarti.
22.
Supaya nanti bisa melakukan kebermanfaatan kepada masyarakat di unsur dilakukan juga kerja sama dengan dinas-dinas terkait.

Mengidentifikasi dan mengklasifikasikan kesalahan: mengenali dan memilah-milah kesalahan berdasarkan kategori kebahasaan, misalnya kesalahan-kesalahan pelafalan, pembentukan kata, penggabungan kata, penyusunan kalimat.
No.
Tataran Morfologi
1.
Supaya nanti bisa melakukan kebermanfaatan kepada masyarakat di unsur dilakukan juga kerja sama dengan dinas-dinas terkait.

No.
Tataran Sintaksis
1.
Senang saya ditugasi menjadi pembicara yang terakhir karena materi itu berbagai masalah dan kondisi nyata…”
2.
Kalau menerima surat dari panitia itu meminta supaya membahas apa peran pendidikan dalam pembangunan cianjur…”
3.
Ada masalah yang terdapat bagaimana ini dengan pengangkatan rekrutmen guru.
4.
Tadi bu Dr. Nom sudah menyebutkan pengangkatan PNS itu kebijakan pusat yang diimplementasikan oleh daerah, nanti bagaimana juga otonomi daerah…”
5.
Tahun 2031 kalau kita lihat, sekarang tahun 2015 jadi kurang lebih 15 tahun lagi.
6.
Unsur sudah melakukan MOU dan (bahasa Inggris) itu dengan 52 universitas di berbagai Negara baik di ASEAN, di Eropa Timur maupun di Eropa Barat, apa ini fungsinya? Dari kerjasama itu apa?
7.
Dari kerjasama ini maka kita akan mencoba mengarah kepada menjadikan lembaga unsure ini sebagai lembaga yang berstandar.
8.
Selanjutnya berdasarkan itu maka sistem pendidikan selain proses pembelajarannya yang tadi berbasis penelitian.
9.
Ini dari fakultas misalnya ada yang kita sebut dengan sertifikasi dan pendidikan profesi
10.
Oleh karena itu, sekarang semua dosen, semua dosen itu terus di apa di motivasi untuk melanjutkan studi lanjut karena tidak mungkin ada pendidikan profesi kalau dokternya kurang.
11.
Yang kedua tadi karena persyaratan yang kedua kita harus ada asrama untuk mahasiswa putra dan putri.
12.
Sebab ini tidak mungkin perguruan tinggi kita mendapat kepercayaan baik dari lembaga tingkat regional, nasional, dan internasional.
13.
Ini semuanya tidak mungkin kita bisa mencapai itu kalau kita berdiam diri dan berpangku tangan.
14.
Saya kira itu ya supaya tidak terlalu panjang.
15.
Oleh karena itu, deadline kita mudah-mudahan rencana pembangunan kita itu sudah mempersiapkan wilayah untuk asrama mahasiswa putra dan putri.
16.
Supaya nanti bisa melakukan kebermanfaatan kepada masyarakat di unsur dilakukan juga kerja sama dengan dinas-dinas terkait.

No.
Tataran Fonologi
1.
Kalo menerima surat dari panitia itu meminta supaya membahas apa peran pendidikan dalam pembangunan cianjur…”
2.
Sudara-sudara untuk mencapai semuanya itu maka unsur sejak tahun 2009
3.
Aktivitas sodara jadikan pengalaman sangat berarti.

No.
Tataran Leksikon
1.
Tahun 2000 kita itu universitas suryakancana ini marger dari dua perguruan tinggi.
2.
Oleh karena itu, deadline kita mudah-mudahan rencana pembangunan kita itu sudah mempersiapkan wilayah untuk asrama mahasiswa putra dan putri.
Memperingkat kesalahan: mengurutkan letak kesalahan, penyebab kesalahan, dan memberikan contoh yang benar.
Berdasarkan hasil klasifikasi kesalahan pada penggunaan bahasa oleh penyaji ketiga (DR. HJ. Iis Ristiani, M.Pd.) dalam acara dialog pendidikan yang langsungkan pada tanggal 6 Mei 2015 hari Rabu, peringkat pertama diduduki oleh tataran sintaksis, hal ini dikarenakan pada tataran tersebut ditemukan 16 kesalahan dalam struktur kalimat. Adapun pada peringkat kedua diduduki oleh tataran fonologi, hal ini dikarenakan pada tataran fonologi ditemukan 3 kesalahan dalam hal perubahan dan pengurangan fonem. Peringkat ketiga diduduki oleh tataran leksikon, karena pada tataran ini terdapat 2 kesalahan dalam hal pemilihan kata. Sedangkan peringkat keempat diduduki oleh tataran morfologi, karena pada tataran tersebut ditemukan 1 kesalahan dalam hal pembentukan kata.

Menjelaskan kesalahan: menggambarkan letak kesalahan, penyebab kesalahan, dan memberikan contoh yang benar

TATARAN MORFOLOGI
No.
Menggambarkan Kesalahan
Penyebab Kesalahan
Contoh yang Benar
1.
Kebermanfaatan
Kurangnya pemahaman mengenai penggunaan afiks pada kata dasar
Manfaat

TATARAN SINTAKSIS
No
Menggambarkan Kesalahan
Penyebab Kesalahan
Contoh yang Benar
1.
Senang saya ditugasi menjadi pembicara yang terakhir karena materi itu berbagai masalah dan kondisi nyata…”
Adanya kekeliruan berbahasa
Saya senang ditugasi untuk menjadi pembicara terakhir, karena materi yang dibahas menyangkut berbagai masalah dan  kondisi nyatanya.
2.
Kalau menerima surat dari panitia itu meminta supaya membahas apa peran pendidikan dalam pembangunan Cianjur…”
Adanya kekeliruan berbahasa
Kalau menerima surat dari panitia, saya diminta untuk membahas peran pendidikan dalam pembangunan Cianjur.
3.
Ada masalah yang terdapat bagaimana ini dengan pengangkatan rekrutmen guru.
Adanya kekeliruan berbahasa
Ada masalah yang kita hadapi saat ini, yaitu bagaimana dengan nasib pengangkatan rekrutmen guru.
4.
Tadi bu Dr. Nong sudah menyebutkan pengangkatan PNS itu kebijakan pusat yang diimplementasikan oleh daerah, nanti bagaimana juga otonomi daerah…”
Adanya kekeliruan berbahasa
Tadi ibu Dr. Nong sudah menyebutkan bahwa pengangkatan PNS itu diatur oleh kebijakan pusat yang nantinya akan diimplementasikan oleh daerah, sehingga pada akhirnya semua itu tergantung pada kebijakan otonomi daerah.
5.
Tahun 2031 kalau kita lihat, sekarang tahun 2015 jadi kurang lebih 15 tahun lagi.
Adanya kekeliruan berbahasa
Sekarang tahun 2015, jadi untuk menuju ke tahun 2031 kurang lebih 15 tahun lagi.
6.
Unsur sudah melakukan MOU dan letter of intens itu dengan 52 universitas di berbagai Negara baik di ASEAN, di Eropa Timur maupun di Eropa Barat, apa ini fungsinya? Dari kerjasama itu apa?
Adanya kekeliruan berbahasa
Unsur sudah melakukan MOU dan letter of intens  dengan 52 universitas di berbagai Negara baik di ASEAN, di Eropa Timur maupun di Eropa Barat. Jadi fungsi dari kerjasama itu apa?
7.
Dari kerjasama ini maka kita akan mencoba mengarah kepada menjadikan lembaga unsure ini sebagai lembaga yang berstandar.
Adanya kekeliruan berbahasa
Dari kerjasama ini, kita akan mencoba untuk menjadikan lembaga unsur ini sebagai lembaga yang berstandar.
8.
Selanjutnya berdasarkan itu maka sistem pendidikan selain proses pembelajarannya yang tadi berbasis penelitian.
Adanya kekeliruan berbahasa
Selanjutnya berdasarkan hal itu, maka sistem pendidikan pada akhirnya bermuara pada proses pembelajaran yang berbasis penelitian.
9.
Ini dari fakultas misalnya ada yang kita sebut dengan sertifikasi dan pendidikan profesi
Adanya kekeliruan berbahasa
Dari fakultas misalnya, ada yang kita sebut dengan sertifikasi dan ada yang kita sebut dengan pendidikan profesi.
10.
Oleh karena itu, sekarang semua dosen, semua dosen itu terus di apa di motivasi untuk melanjutkan studi lanjut karena tidak mungkin ada pendidikan profesi kalau dokternya kurang.
Adanya kekeliruan berbahasa
Oleh karena itu, sekarang semua dosen terus diberikan motivasi untuk melanjutkan studi lanjut, karena tidak mungkin ada pendidikan profesi kalau dokternya kurang.
11.
Yang kedua tadi karena persyaratan yang kedua kita harus ada asrama untuk mahasiswa putra dan putri.
Adanya kekeliruan berbahasa
Persyaratan yang kedua yaitu kita harus memiliki asrama untuk mahasiswa putra dan mahasiswa putri.
12.
Sebab ini tidak mungkin perguruan tinggi kita mendapat kepercayaan baik dari lembaga tingkat regional, nasional, dan internasional.
Adanya kekeliruan berbahasa
Sebab tidak mungkin perguruan tinggi kita mendapatkan kepercayaan baik dari lembaga tingkat regional, nasional dan internasional.
13.
Ini semuanya tidak mungkin kita bisa mencapai itu kalau kita berdiam diri dan berpangku tangan.
Adanya kekeliruan berbahasa
tidak mungkin kita bisa mencapai semua itu kalau kita berdiam diri dan berpangku tangan.
14.
Saya kira itu ya supaya tidak terlalu panjang.
Adanya kekeliruan berbahasa
Supaya tidak terlalu panjang, saya kira hanya itu yang bisa saya sampaikan.
15.
Oleh karena itu, deadline kita mudah-mudahan rencana pembangunan kita itu sudah mempersiapkan wilayah untuk asrama mahasiswa putra dan putri.
Adanya kekeliruan berbahasa
Oleh karena itu, mudah-mudahan rencana kita dalam mempersiapkan wilayah untuk pembangunan asrama mahasiswa putra dan putra dapat terlaksana sebelum tenggang waktu yang telah ditentukan.
16.
Supaya nanti bisa melakukan kebermanfaatan kepada masyarakat di unsur dilakukan juga kerja sama dengan dinas-dinas terkait.
Adanya kekeliruan berbahasa
Supaya nanti kita bisa memberikan manfaat kepada masyarakat, maka unsure melakukan kerja sama dengan dinas-dinas terkait.

TATARAN FONOLOGI
No.
Menggambarkan Kesalahan
Penyebab Kesalahan
Contoh yang Benar
1.
Kalo menerima surat dari panitia itu meminta supaya membahas apa peran pendidikan dalam pembangunan cianjur…”
Adanya kekeliruan dalam berbahasa
Kalau
2.
Sudara-sudara untuk mencapai semuanya itu maka unsur sejak tahun 2009
Adanya kesalahan dalam berbahasa karena dilakukan secara sistematis dan konsisten
Saudara-saudara
3.
Aktivitas sodara jadikan pengalaman sangat berarti.
Adanya kesalahan dalam berbahasa karena dilakukan secara sistematis dan konsisten
Saudara

TATARAN LEKSIKON
No.
Menggambarkan Kesalahan
Penyebab Kesalahan
Contoh yang Benar
1.
Tahun 2000 kita itu universitas suryakancana ini merger dari dua perguruan tinggi.
Adanya pengaruh dari  bahasa asing
Tahun 2000, Universitas Suryakancana Cianjur merupakan gabungan dari dua perguruan tinggi.
2.
Oleh karena itu, deadline kita mudah-mudahan rencana pembangunan kita itu sudah mempersiapkan wilayah untuk asrama mahasiswa putra dan putri.
Adanya pengaruh dari  bahasa asing
Oleh karena itu, mudah-mudahan rencana kita dalam mempersiapkan wilayah untuk pembangunan asrama mahasiswa putra dan putra dapat terlaksana sebelum tenggang waktu yang telah ditentukan

Memprakirakan atau memprediksi daerah atau butir kebahasaan yang rawan: meramalkan tataran bahasa yang dipelajari yang potensial mendatangkan kesalahan.
Setelah kita melakukan penganalisisan terhadap tuturan pemateri 4 dialog pendidikan, dapat kita prediksi bahwa tataran bahasa yang berpotensial mendatangkan kesalahan adalah dari tataran sintaksis (struktur kalimat), hal ini merupakan kekeliruan karena pemateri 4 sebenarnya mengetahui tata kebahasaan yang baik dan benar, namun  akibat dari kelelahan, kecapean, gugup, emosional, dan kondisi ruangan maka terjadi kekeliruan-kekeliruan dalam berbahasa.

Mengoreksi kesalahan: memperbaiki dan bila dapat menghilangkan kesalahan melalui penyusunan bahan yang tepat, buku pegangan yang baik, dan teknik pengajaran yang serasi.
TATARAN MORFOLOGI
No.
Salah
Benar
1.
Kebermanfaatan
Manfaat

TATARAN SINTAKSIS
No
Salah
Benar
1.
Senang saya ditugasi menjadi pembicara yang terakhir karena materi itu berbagai masalah dan kondisi nyata…”
Saya senang ditugasi untuk menjadi pembicara terakhir, karena materi yang dibahas menyangkut berbagai masalah dan  kondisi nyatanya.
2.
Kalau menerima surat dari panitia itu meminta supaya membahas apa peran pendidikan dalam pembangunan Cianjur…”
Kalau menerima surat dari panitia, saya diminta untuk membahas peran pendidikan dalam pembangunan Cianjur.
3.
Ada masalah yang terdapat bagaimana ini dengan pengangkatan rekrutmen guru.
Ada masalah yang kita hadapi saat ini, yaitu bagaimana dengan nasib pengangkatan rekrutmen guru.
4.
Tadi bu Dr. Nong sudah menyebutkan pengangkatan PNS itu kebijakan pusat yang diimplementasikan oleh daerah, nanti bagaimana juga otonomi daerah…”
Tadi ibu Dr. Nong sudah menyebutkan bahwa pengangkatan PNS itu diatur oleh kebijakan pusat yang nantinya akan diimplementasikan oleh daerah, sehingga pada akhirnya semua itu tergantung pada kebijakan otonomi daerah.
5.
Tahun 2031 kalau kita lihat, sekarang tahun 2015 jadi kurang lebih 15 tahun lagi.
Sekarang tahun 2015, jadi untuk menuju ke tahun 2031 kurang lebih 15 tahun lagi.
6.
Unsur sudah melakukan MOU dan letter of intens itu dengan 52 universitas di berbagai Negara baik di ASEAN, di Eropa Timur maupun di Eropa Barat, apa ini fungsinya? Dari kerjasama itu apa?
Unsur sudah melakukan MOU dan letter of intens  dengan 52 universitas di berbagai Negara baik di ASEAN, di Eropa Timur maupun di Eropa Barat. Jadi fungsi dari kerjasama itu apa?
7.
Dari kerjasama ini maka kita akan mencoba mengarah kepada menjadikan lembaga unsure ini sebagai lembaga yang berstandar.
Dari kerjasama ini, kita akan mencoba untuk menjadikan lembaga unsur ini sebagai lembaga yang berstandar.
8.
Selanjutnya berdasarkan itu maka sistem pendidikan selain proses pembelajarannya yang tadi berbasis penelitian.
Selanjutnya berdasarkan hal itu, maka sistem pendidikan pada akhirnya bermuara pada proses pembelajaran yang berbasis penelitian.
9.
Ini dari fakultas misalnya ada yang kita sebut dengan sertifikasi dan pendidikan profesi
Dari fakultas misalnya, ada yang kita sebut dengan sertifikasi dan ada yang kita sebut dengan pendidikan profesi.
10.
Oleh karena itu, sekarang semua dosen, semua dosen itu terus di apa di motivasi untuk melanjutkan studi lanjut karena tidak mungkin ada pendidikan profesi kalau dokternya kurang.
Oleh karena itu, sekarang semua dosen terus diberikan motivasi untuk melanjutkan studi lanjut, karena tidak mungkin ada pendidikan profesi kalau dokternya kurang.
11.
Yang kedua tadi karena persyaratan yang kedua kita harus ada asrama untuk mahasiswa putra dan putri.
Persyaratan yang kedua yaitu kita harus memiliki asrama untuk mahasiswa putra dan mahasiswa putri.
12.
Sebab ini tidak mungkin perguruan tinggi kita mendapat kepercayaan baik dari lembaga tingkat regional, nasional, dan internasional.
Sebab tidak mungkin perguruan tinggi kita mendapatkan kepercayaan baik dari lembaga tingkat regional, nasional dan internasional.
13.
Ini semuanya tidak mungkin kita bisa mencapai itu kalau kita berdiam diri dan berpangku tangan.
tidak mungkin kita bisa mencapai semua itu kalau kita berdiam diri dan berpangku tangan.
14.
Saya kira itu ya supaya tidak terlalu panjang.
Supaya tidak terlalu panjang, saya kira hanya itu yang bisa saya sampaikan.
15.
Oleh karena itu, deadline kita mudah-mudahan rencana pembangunan kita itu sudah mempersiapkan wilayah untuk asrama mahasiswa putra dan putri.
Oleh karena itu, mudah-mudahan rencana kita dalam mempersiapkan wilayah untuk pembangunan asrama mahasiswa putra dan putra dapat terlaksana sebelum tenggang waktu yang telah ditentukan.
16.
Supaya nanti bisa melakukan kebermanfaatan kepada masyarakat di unsur dilakukan juga kerja sama dengan dinas-dinas terkait.
Supaya nanti kita bisa memberikan manfaat kepada masyarakat, maka unsure melakukan kerja sama dengan dinas-dinas terkait.



TATARAN FONOLOGI
No.
Salah
Benar
1.
Kalo menerima surat dari panitia itu meminta supaya membahas apa peran pendidikan dalam pembangunan cianjur…”
Kalau
2.
Sudara-sudara untuk mencapai semuanya itu maka unsur sejak tahun 2009
Saudara-saudara
3.
Aktivitas sodara jadikan pengalaman sangat berarti.
Saudara

TATARAN LEKSIKON
No.
Salah
Benar
1.
Tahun 2000 kita itu universitas suryakancana ini merger dari dua perguruan tinggi.
Tahun 2000, Universitas Suryakancana Cianjur merupakan gabungan dari dua perguruan tinggi.
2.
Oleh karena itu, deadline kita mudah-mudahan rencana pembangunan kita itu sudah mempersiapkan wilayah untuk asrama mahasiswa putra dan putri.
Oleh karena itu, mudah-mudahan rencana kita dalam mempersiapkan wilayah untuk pembangunan asrama mahasiswa putra dan putra dapat terlaksana sebelum tenggang waktu yang telah ditentukan



No comments:

Post a Comment

BERBAHASA SEJAK LAHIR

  BERBAHASA SEJAK LAHIR :Siti Halimah   “Terdapat banyak bukti bahwa manusia memiliki warisan biologi yang sudah ada sejak lahir berup...