MASALAH
PROBLEMATIKA BERBAHASA
Penguasaan bahasa yang benar sesuai
dengan kaidah yang ada merupakan kunci kelancaran dan kesempurnaan proses
komunikasi. Seseorang tidak dapat menyampaikan dan menerima perasaan, pikiran,
dan gagasan secara efektif, apabila orang tersebut tidak menguasai bahasa
sebagai sarananya, secara benar. Bahkan tingkat kualitas kegiatan intelektual
seseorang akan sangat ditentukan oleh tingkat penguasaan bahasa yang
dimilikinya.
Atas dasar itu, dan melihat
pernyataan bahwa masih banyaknya penyimpangan dan terjadi dalam proses
berbahasa, serta banyaknya pemakai bahasa yang sering menemukan masalah-masalah
kebahasaan tertentu, maka penyususn melakukan penyususan laporan buku yang
berkaitan dengan masalah-masalah tersebut di atas, buku yang penyusun gunakan
sebagai acuan untuk menjawab segala permasalahan adalah buku yang berjudul Problematika Bahasa Indonesia (Sebuah
Analisis Praktis Bahasa Baku) karya Kusno Budi Santoso. Karena didalam buku
ini ditampilkan beberapa data penyimpangan baik dalam aspek fonologi,
morfologi, maupun sintaksis, yang kemudian dianalisa secara normatis dan
sekaligus dikembalikan kepada bentuk bakunya. Selain itu sistem matika
penyusunannya berupa analisa praktis sehingga buku ini dapat dipakai sebagai
dasar acuan normatis dalam berbahasa indonesia yang benar dan baku.
Berikut
adalah data menta masalah problematika berbahasa dalam tuturan seorang
pembicara pada suatu acara dialog pendidikan yang dilaksanakan oleh Badan
Eksekutif Mahasiswa.
DATA
MENTAH
Bismillahirahmanirahim.. assalamualaikum
wr. wb. ya supaya seimbang tadi ibu Dr. Nong berdiri, kemudian yang baru saja
bapak juga berdiri. Saya ingin menemani pak Ridwan duduk, ijinkan saya untuk
duduk ya? Senang saya ditugasi menjadi pembicara yang terakhir karena materi
itu berbagai masalah dan kondisi nyata di kabupaten Cianjur sudah dipaparkan
oleh tiga narasumber yang terlebih dahulu. Saya hanya akan menyoroti dari
bagaimana pendidikan tinggi khususnya Universitas Suryakancana, kalo menerima surat dari panitia itu
meminta supaya membahas apa peran pendidikan dalam pembangunan Cianjur, ketika
kita menanyakan dan merenung tentang itu, apa peran kita sebagai bagian dari
pendidikan ini untuk mengembangkan kabupaten Cianjur, untuk menjawab semuanya
itu tadi sudah saya kemukakan, ada dua hal yang ada di depan mata kita yang
harus kita benahi dari sistem pendidikan, apa yang dua hal itu? yang pertama
adalah tantangan global tadi dan yang kedua tantangan nasional, mengapa kita
perlu memikirkan dan perlu menyelesaikan dengan tantangan yang ada tadi,
tantangan global, ini yang menyebabkan perlunya internasionalisasi. Yang kedua
tantangan global menuntut kita untuk memenuhi standar kualifikasi, tantangan
global menuntut kita untuk menghasilkan tenaga kerja yaitu sumber daya manusia
yang keluar dari pendidikan tinggi, tantangan global keempat adalah
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta komunikasi, itu tantangan
global yang ada dihadapan kita. Yang kedua tantangan nasional atau tantangan
dalam negeri, transformasi, demokrasi dan juga reformasi ini berbuah sesuatu
yang menuntut kita melihat betapa kondisi kita seperti itu yang kedua
desentralisasi dan otonomi daerah yang tadi disebutkan ada masalah yang
terdapat bagaimana ini dengan pengangkatan rekrutmen guru. Tadi bu Dr. Nong
sudah menyebutkan pengangkatan PNS itu kebijakan pusat yang diimplementasikan
oleh daerah, nanti bagaimana juga otonomi daerah, kemudian yang ketiga masalah
persatuan dan kesatuan dan yang keempat, yang bagian dari tantangan nasional ini
adalah pergeseran karakter bangsa, yang kelima yaitu harapan publik kepada
perguruan tinggi sebagai kekuatan moral, harapan publik kepada perguruan tinggi
sebagai lembaga yang bisa menghasilkan sesuatu yang diperlukan oleh masyarakat,
ini semua adalah tantangan, tantangan bagi pendidikan tinggi, oleh karena itu unsur mempunyai visi
untuk bisa memenuhi dan bisa menyelesaikan atau menghadapi berbagai tantangan
itu mempunyai visi pada tahun 2031 unsur menjadi lembaga yang berstandar
internasional yang lulusannya unggul dan mandiri dalam ilmu pengetahuan dan
teknologi mampu bersaing tidak hanya di tataran regional tapi juga nasional dan
internasional, beriman dan bertakwa kepada tuhan YME serta membawa
kesejahteraan bagi kehidupan masyarakat, itulah visi unsur. Tahun 2031 kalau kita lihat, sekarang tahun
2015 jadi kurang lebih 15 tahun lagi. Bagaimana kita bisa mencapai agar unsur
sebagai lembaga pendidikan tinggi yang akan menghasilkan SDM yang mampu
memenuhi tantangan tadi maka unsur mempunyai rencana strategis dan rencana
strategis itu akan dilaksanakan setiap 5 tahun sekali, sudara-sudara untuk mencapai semuanya itu maka unsur sejak tahun
2009, waktu itu saya ditugasi menjadi pembantu rektor 4 yang bergerak dibidang
humas dan kerjasama. Tahun 2009 saya menginginkan
unsur tidak hanya eksis di tingkat regional, nasional tetapi juga internasional oleh karena itu
pada tahun 2009 itu, 2010 awal, unsur melakukan kerjasama, kerjasama dengan
berbagai lembaga ditingkan regional, nasional dan internasional, ditingkat
internasional yang pertama, unsur bekerjasama dengan University of Malaya
dengan universitas di malaysia yang sangat besar sehingga kita bisa belajar
dari sana dan sampai dengan tahun 2015 ini ditingkat internasional, unsur sudah melakukan MOU dan (bahasa inggris) itu dengan
52 universitas di berbagai negara baik di asean
di eropa timur maupun di eropa barat, apa ini fungsinya? Dari kerjasama
itu apa? dari kerjasama ini maka kita
akan mencoba mengarahkan kepada menjadikan lembaga unsur ini sebagai lembaga
yang berstandar, berstandar yang pertama standar setara nasional standar yang
kedua nanti standar setara internasional, baru kemarin, pak ini, tahun .. bukan
tahun masih hitungan bulan, hitungan bulan kemarin bulan ahir maret kita sudah
melaksanakan akreditasi perguruan tinggi, akreditasi perguruan tinggi untuk
unsur kemarin sudah kita laksanakan pada bulan maret. Perguruan tinggi di
Indonesia ada kurang lebih 3500 dan baru perguruan tinggi baik negeri maupun
swasta yang mengajukan akreditasi baru sekitar kurang lebih 700 perguruan
tinggi negeri dan swasta termasuk didalamnya unsur sudah mengajukan. Apa yang
mesti kita lakukan dengan standar itu? dengan standar nasional yangh harus kita
benahi, maka pendidikan mulai dari program studi, fakultas, rektorat dan
universitas ini maka sistem pendidikan yang harus kita benahi bagaimana proses
pembelajaran itu supaya sesuai dengan standar pendidikan tinggi, arahan yang
mengharuskan pelaksanaan proses pembelajaran sesuai dengan standar pendidikan
tinggi ini, ini mengharuskan pelaksanaan tridarma perguruan tinggi yang pertama
pendidikan harus berbasis penelitian, yang kedua pendidikan harus, bukan harus
tapi wajib melaksanakan pengabdian. Standar pendidikan tinggi ini mengharuskan
kita seperti itu maka proses pembelajaran yang selanjutnya itu perlu diciptakan
oleh SDM-SDM tenaga kependidikan maupun tenaga pendidik dosen yang
berkualifikasi. Oleh karena itu, tahun
2009 sampai dengan tahun 2010 di unsur tenaga pendidik dosen yang
berkualifikasi S3 itu baru kurang lebih 3 orang, tapi sekarang tahun 2015 sudah
lebih dari 20 orang dan ini terus dilaksanakan supaya dosen termasuk mahasiswa
melakukan pendidikan-pendidikan lebih lanjut lagi, kita sudah melakukan
kerjasama beberapa dosen sedang melaksanakan pendidikan baik didalam maupun
luar negeri diantaranya di Spanyol mudah-mudahan segera selesai karena sudah
beberapa tahun sekarang sedang program penelitian disertasi. Kemudian juga
beberapa dosen lain sedang melakukan studi lanjut baik itu S3..S3 selanjutnya
berdasarkan itu maka sistem pendidikan selain proses pembelajarannya yang tadi
berbasis penelitian supaya nanti bisa melakukan kebermanfaatan kepada
masyarakat di unsur dilakukan juga kerjasama dengan dinas-dinas terkait,
terutama untuk pengembangan-pengembangan dunia industri maka dilakukanlah
berbagai pengabdian dan penelitian para dosen kita sudah banyak yang melakukan
pengadian kepada masyarakat khususnya di kabupaten Cianjur dan kita melakukan
juga kerjasama baik dalam penelitian dan
pengabdian dengan provinsi juga, juga pemerintah pusat. Nah dengan kondisi
seperti ini, maka mahasiswa sebagai bagian di dalamnya itu wajib mendukung
pelaksanaan program ini sehingga sistem pendidikan kita betul-betul tadi bisa
menyelesaikan segala tantangan yang ada bisa menjadikan pendidikan kita
berstandar, tidak hanya standar nasional tetapi juga internasional dan ini
dimulai dari proses pembelajaran kita dari mahasiswa, dari dosen, dan semua
pelaku e..... akademik di e... di tataran akademik Universitas Suryakancana.
Kondisi ini yang mengharuskan kita selalu menata bagaimana sebaiknya kurikulum,
bagaimana sebaiknya pelaksanaan berbagai kegiatan semuanya itu ditata sehingga
kita bisa terus menyesuaikan diri dengan tuntutan zaman dan tuntutan kebutuhan,
terutama dari berbagai peraturan yang ada. Ini dari fakultas keguruan misalnya
ada yang kita sebut dengan sertifikasi dan pendidikan profesi, bagaimana supaya
fakultas kita fakultas keguruan dan ilmu pendidikan sebagai bagian dari lembaga
yang mengeluarkan tenaga-tenaga pendidik atau guru bisa membentuk program
pendidikan profesi. Salah satu syaratnya adalah kita harus mempunyai asrama
mahasiswa. Oleh karena itu, tagline kita mudah-mudahan rencana pembangunan kita
itu sudah mempersiapkan wilayah untuk asrama mahasiswa putra dan putri. Tidak
mungkin kita bisa melakukan pendidikan profesi di tempat kita sendiri kalau
tidak memenuhi persyaratan. Persyaratan yang pertama adalah harus ada sekian
doktor. Oleh karena itu sekarang semua dosen, semua dosen itu terus di apa
dimotivasi untuk melanjutkan studi lanjut karena tidak mungkin ada pendidikan
profesi kalau dokternya kurang. Yang kedua tadi karena persyaratan yang kedua
kita harus ada asrama untuk mahasiswa putra dan putri, maka kita sudah
mempersiapkan merencanakan pada tahun ke sekian kita harus ada asrama untuk
putra dan putri. Mohon doa dari semuanya. Rencana pembangunan kita tidak hanya
di dalam pengembangan sarana tapi juga tadi di pengembangan prasarananya ya.
Oleh karena itu, kerjasama sudara
semuanya para mahasiswa, dan juga dosen serta tenaga kependidikan ini sangat
perlukan. Sebab ini tidak mungkin perguruan tinggi kita mendapat kepercayaan
baik dari lembaga di tingkat regional, nasional, apalagi internasional kalau
kita sendiri di dalamnya belum bisa berbenah diri, maka yang wajib kita
laksanakan adalah berbenah diri. Harus tercipta kenyamanan bagi mahasiswa,
dosen, dan semua tenaga kependidikan di dalam pelaksanaan kegiatan Universitas
Suryakancana itu. Ini semuanya tidak mungkin kita bisa mencapai itu kalau kita
berdiam diri dan berpangku tangan, tidak mungkin. Tapi perlu kerja keras kita,
perlu dituntut pemikiran kita bagaimana supaya langkah-langkah itu jangan hanya
simbol, langkah-langkah itu bisa terwujud dengan baik. Tahun 2000 kita itu
Universitas Suryakancana ini merger dari dua perguaran tinggi yaitu Sekolah
Tinggi Hukum dan Sekolah Tinggi Keguruan dan Pendidikan yang kemudian menambah
fakultas baru yaitu Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik dan Fakultas Agama
Islam dengan Fakultas yang ada dengan 15 program studi ditambah dua prodi
magister tahun pertahun dari sejak 2001 sekarang sudah tahun 2015 jadi usia nya
masih sangat belia masih 15 tahun unsur ini, tahun pertahun perkembangannya
harus diperhatikan dan untuk menjadikan standar internasional tahun 2031
tahapan-tahapan pada tahun 2001 sampai dengan 2005 kita masih melakukan proses
adiptif dan pada 2006-2010 kita melaksanakan proses integratif dan seterusnya
sehingga tahun 2031 kita menjadi lembaga pendidikan internasional. Saya kira
itu ya supaya tidak terlalu panjang mudah-mudahan nanti kalau ada yang
ditanyakan ditanya jawab saja, apa yang disampaikan mudah-mudahan bermanfaat
dan saya titip untuk saudara-saudara, saya aldi dan ketua bem dan semua panitia
beruntung saudara betul pendidikan itu tidak hanya diraih di bangku kelas
sehingga nanti untuk sodara-sodara ke depan sodara tidak hanya keluar dari
pendidikan tinggi dengan selembar ijazah dan selembar transkip nilai, tapi
berdasarkan sistem pendidikan yang ada nanti sodara akan keluar dari pendidikan
tinggi ini dengan yang pertama selmbar ijazah, yang kedua selembar transkip
nilai dan yang ketiga SKPI yaitu Surat Keterangan Pendamping Ijazah. Apa itu
SKPI? Surat Keterangan Pendapming Ijazah itu didalamnya berisi tetang identitas
sodara, salah satu diantaranya adalah apakah saudara itu aktifis himpunan,
aktifis BEM, aktifis DPM, BKIM atau mapaca, atau apapun akan tertulis
didalamnya. Jadi selamat sodara-sodara pupuk terus kreatvitas dan aktifitas
sodara jadikan pengalaman sangat berarti karena akan sekian tahun akan datang
akan terukir di dalam Surat Keterangan Pendamping Ijazah. Selamat untuk
semuanya. Wabillahi taufiq walhidayah. Wassalamualaikum WR. Wb.
PENGANALISISAN
KESALAHAN
BERBAHASA INDONESIA DALAM ACARA SEMINAR DIALOG PENDIDIKAN PADA PEMATERI 4
Mengumpulkan data: berupa kesalahan
berbahasa yang dilakukan oleh siswa, misalnya hasil ulangan, karangan, atau
percakapan.
Sampel
data
No.
|
Sampel Data
|
1.
|
Senang saya ditugasi menjadi pembicara yang terakhir
karena materi itu berbagai masalah dan kondisi nyata…”
|
2.
|
Kalo menerima surat dari panitia itu meminta supaya
membahas apa peran pendidikan dalam pembangunan cianjur…”
|
3.
|
Kalo menerima surat dari panitia itu meminta supaya
membahas apa peran pendidikan dalam pembangunan cianjur…”
|
4.
|
Ada masalah yang terdapat bagaimana ini dengan
pengangkatan rekrutmen guru.
|
5.
|
Tadi bu Dr. Nom sudah menyebutkan pengangkatan PNS
itu kebijakan pusat yang diimplementasikan oleh daerah, nanti bagaimana juga
otonomi daerah…”
|
6.
|
Tahun 2031 kalau kita lihat, sekarang tahun 2015
jadi kurang lebih 15 tahun lagi.
|
7.
|
Sudara-sudara untuk
mencapai semuanya itu maka unsur sejak tahun 2009.
|
8.
|
Unsur sudah melakukan MOU dan (bahasa Inggris) itu
dengan 52 universitas di berbagai Negara baik di ASEAN, di Eropa Timur maupun
di Eropa Barat, apa ini fungsinya? Dari kerjasama itu apa?
|
9.
|
Dari kerjasama ini maka kita akan mencoba mengarah
kepada menjadikan lembaga unsure ini sebagai lembaga yang berstandar.
|
10.
|
Selanjutnya berdasarkan itu maka sistem pendidikan
selain proses pembelajarannya yang tadi berbasis penelitian.
|
11.
|
Supaya nanti bisa melakukan kebermanfaatan kepada
masyarakat di unsur dilakukan juga kerja sama dengan dinas-dinas terkait.
|
12.
|
Oleh karena itu, deadline
kita mudah-mudahan rencana pembangunan kita itu sudah mempersiapkan wilayah
untuk asrama mahasiswa putra dan putri.
|
13.
|
Oleh karena itu, deadline
kita mudah-mudahan rencana pembangunan kita itu sudah mempersiapkan wilayah
untuk asrama mahasiswa putra dan putri.
|
14.
|
Ini dari fakultas misalnya ada yang kita sebut
dengan sertifikasi dan pendidikan profesi.
|
15.
|
Oleh karena itu, sekarang semua dosen, semua dosen
itu terus di apa di motivasi untuk melanjutkan studi lanjut karena tidak
mungkin ada pendidikan profesi kalau dolternya kurang.
|
16.
|
Yang kedua tadi karena persyaratan yang kedua kita
harus ada asrama untuk mahasiswa putra dan putri.
|
17.
|
Sebab ini tidak mungkin perguruan tinggi kita
mendapat kepercayaan baik dari lembaga tingkat regional, nasional, dan
internasional.
|
18.
|
Ini semuanya tidak mungkin kita bisa mencapai itu
kalau kita berdiam diri dan berpangku tangan.
|
19.
|
Tahun 2000 kita itu universitas suryakancana ini marger dari dua perguruan tinggi.
|
20.
|
Saya kira itu ya supaya tidak terlalu panjang.
|
21.
|
Aktivitas sodara
jadikan pengalaman sangat berarti.
|
22.
|
Supaya nanti bisa melakukan kebermanfaatan kepada masyarakat di unsur dilakukan juga kerja
sama dengan dinas-dinas terkait.
|
Mengidentifikasi
dan mengklasifikasikan kesalahan: mengenali dan memilah-milah kesalahan
berdasarkan kategori kebahasaan, misalnya kesalahan-kesalahan pelafalan, pembentukan
kata, penggabungan kata, penyusunan kalimat.
No.
|
Tataran Morfologi
|
1.
|
Supaya nanti bisa melakukan kebermanfaatan kepada masyarakat di unsur dilakukan juga kerja
sama dengan dinas-dinas terkait.
|
No.
|
Tataran Sintaksis
|
1.
|
Senang saya ditugasi menjadi pembicara yang terakhir
karena materi itu berbagai masalah dan kondisi nyata…”
|
2.
|
Kalau menerima surat dari panitia itu meminta supaya
membahas apa peran pendidikan dalam pembangunan cianjur…”
|
3.
|
Ada masalah yang terdapat bagaimana ini dengan
pengangkatan rekrutmen guru.
|
4.
|
Tadi bu Dr. Nom sudah menyebutkan pengangkatan PNS
itu kebijakan pusat yang diimplementasikan oleh daerah, nanti bagaimana juga
otonomi daerah…”
|
5.
|
Tahun 2031 kalau kita lihat, sekarang tahun 2015
jadi kurang lebih 15 tahun lagi.
|
6.
|
Unsur sudah melakukan MOU dan (bahasa Inggris) itu
dengan 52 universitas di berbagai Negara baik di ASEAN, di Eropa Timur maupun
di Eropa Barat, apa ini fungsinya? Dari kerjasama itu apa?
|
7.
|
Dari kerjasama ini maka kita akan mencoba mengarah
kepada menjadikan lembaga unsure ini sebagai lembaga yang berstandar.
|
8.
|
Selanjutnya berdasarkan itu maka sistem pendidikan
selain proses pembelajarannya yang tadi berbasis penelitian.
|
9.
|
Ini dari fakultas misalnya ada yang kita sebut
dengan sertifikasi dan pendidikan profesi
|
10.
|
Oleh karena itu, sekarang semua dosen, semua dosen
itu terus di apa di motivasi untuk melanjutkan studi lanjut karena tidak
mungkin ada pendidikan profesi kalau dokternya kurang.
|
11.
|
Yang kedua tadi karena persyaratan yang kedua kita
harus ada asrama untuk mahasiswa putra dan putri.
|
12.
|
Sebab ini tidak mungkin perguruan tinggi kita
mendapat kepercayaan baik dari lembaga tingkat regional, nasional, dan
internasional.
|
13.
|
Ini semuanya tidak mungkin kita bisa mencapai itu
kalau kita berdiam diri dan berpangku tangan.
|
14.
|
Saya kira itu ya supaya tidak terlalu panjang.
|
15.
|
Oleh karena itu, deadline
kita mudah-mudahan rencana pembangunan kita itu sudah mempersiapkan wilayah
untuk asrama mahasiswa putra dan putri.
|
16.
|
Supaya nanti bisa melakukan kebermanfaatan kepada masyarakat di unsur dilakukan juga kerja
sama dengan dinas-dinas terkait.
|
No.
|
Tataran
Fonologi
|
1.
|
Kalo menerima surat dari panitia itu meminta supaya
membahas apa peran pendidikan dalam pembangunan cianjur…”
|
2.
|
Sudara-sudara
untuk mencapai semuanya itu maka unsur sejak tahun
2009
|
3.
|
Aktivitas sodara
jadikan pengalaman sangat berarti.
|
No.
|
Tataran
Leksikon
|
1.
|
Tahun 2000 kita itu universitas suryakancana ini marger dari dua perguruan tinggi.
|
2.
|
Oleh karena itu, deadline
kita mudah-mudahan rencana pembangunan kita itu sudah mempersiapkan wilayah
untuk asrama mahasiswa putra dan putri.
|
Memperingkat kesalahan: mengurutkan
letak kesalahan, penyebab kesalahan, dan memberikan contoh yang benar.
Berdasarkan
hasil klasifikasi kesalahan pada penggunaan bahasa oleh penyaji ketiga (DR. HJ.
Iis Ristiani, M.Pd.) dalam acara dialog pendidikan yang langsungkan pada
tanggal 6 Mei 2015 hari Rabu, peringkat pertama diduduki oleh tataran
sintaksis, hal ini dikarenakan pada tataran tersebut ditemukan 16 kesalahan
dalam struktur kalimat. Adapun pada peringkat kedua diduduki oleh tataran fonologi,
hal ini dikarenakan pada tataran fonologi ditemukan 3 kesalahan dalam hal
perubahan dan pengurangan fonem. Peringkat ketiga diduduki oleh tataran
leksikon, karena pada tataran ini terdapat 2 kesalahan dalam hal pemilihan
kata. Sedangkan peringkat keempat diduduki oleh tataran morfologi, karena pada
tataran tersebut ditemukan 1 kesalahan dalam hal pembentukan kata.
Menjelaskan kesalahan:
menggambarkan letak kesalahan, penyebab kesalahan, dan memberikan contoh yang
benar
TATARAN MORFOLOGI
No.
|
Menggambarkan
Kesalahan
|
Penyebab
Kesalahan
|
Contoh yang
Benar
|
1.
|
Kebermanfaatan
|
Kurangnya pemahaman mengenai penggunaan afiks pada
kata dasar
|
Manfaat
|
TATARAN
SINTAKSIS
No
|
Menggambarkan Kesalahan
|
Penyebab Kesalahan
|
Contoh yang Benar
|
1.
|
Senang saya ditugasi menjadi pembicara yang terakhir karena
materi itu berbagai masalah dan kondisi nyata…”
|
Adanya
kekeliruan berbahasa
|
Saya senang ditugasi untuk menjadi pembicara
terakhir, karena materi yang dibahas menyangkut berbagai masalah dan kondisi nyatanya.
|
2.
|
Kalau menerima surat dari panitia itu meminta supaya membahas apa peran pendidikan dalam
pembangunan Cianjur…”
|
Adanya
kekeliruan berbahasa
|
Kalau menerima surat dari panitia, saya diminta
untuk membahas peran pendidikan dalam pembangunan Cianjur.
|
3.
|
Ada masalah yang terdapat
bagaimana ini dengan pengangkatan rekrutmen
guru.
|
Adanya
kekeliruan berbahasa
|
Ada masalah yang kita hadapi saat ini, yaitu
bagaimana dengan nasib pengangkatan rekrutmen guru.
|
4.
|
Tadi bu Dr. Nong sudah menyebutkan pengangkatan PNS
itu kebijakan pusat yang diimplementasikan oleh
daerah, nanti bagaimana juga otonomi daerah…”
|
Adanya
kekeliruan berbahasa
|
Tadi ibu Dr. Nong sudah menyebutkan bahwa
pengangkatan PNS itu diatur oleh kebijakan pusat yang nantinya akan
diimplementasikan oleh daerah, sehingga pada akhirnya semua itu tergantung
pada kebijakan otonomi daerah.
|
5.
|
Tahun 2031 kalau kita lihat, sekarang
tahun 2015 jadi kurang lebih 15 tahun lagi.
|
Adanya
kekeliruan berbahasa
|
Sekarang tahun 2015, jadi untuk menuju ke tahun 2031
kurang lebih 15 tahun lagi.
|
6.
|
Unsur sudah melakukan MOU dan letter of intens itu dengan 52 universitas di berbagai Negara
baik di ASEAN, di Eropa Timur maupun di Eropa Barat, apa
ini fungsinya? Dari kerjasama itu apa?
|
Adanya
kekeliruan berbahasa
|
Unsur sudah melakukan MOU dan letter of intens dengan 52
universitas di berbagai Negara baik di ASEAN, di Eropa Timur maupun di Eropa
Barat. Jadi fungsi dari kerjasama itu apa?
|
7.
|
Dari kerjasama ini maka kita akan mencoba mengarah kepada menjadikan lembaga unsure ini sebagai
lembaga yang berstandar.
|
Adanya
kekeliruan berbahasa
|
Dari kerjasama ini, kita akan mencoba untuk
menjadikan lembaga unsur ini sebagai lembaga yang berstandar.
|
8.
|
Selanjutnya berdasarkan itu maka sistem pendidikan selain proses pembelajarannya yang tadi berbasis penelitian.
|
Adanya
kekeliruan berbahasa
|
Selanjutnya berdasarkan hal itu, maka sistem
pendidikan pada akhirnya bermuara pada proses pembelajaran yang berbasis
penelitian.
|
9.
|
Ini dari fakultas misalnya ada yang kita
sebut dengan sertifikasi dan pendidikan profesi
|
Adanya
kekeliruan berbahasa
|
Dari fakultas misalnya, ada yang kita sebut dengan
sertifikasi dan ada yang kita sebut dengan pendidikan profesi.
|
10.
|
Oleh karena itu, sekarang semua dosen, semua dosen
itu terus di apa di motivasi untuk melanjutkan studi
lanjut karena tidak mungkin ada pendidikan profesi kalau dokternya kurang.
|
Adanya
kekeliruan berbahasa
|
Oleh karena itu, sekarang semua dosen terus
diberikan motivasi untuk melanjutkan studi lanjut, karena tidak mungkin ada
pendidikan profesi kalau dokternya kurang.
|
11.
|
Yang kedua tadi karena persyaratan yang
kedua kita harus ada asrama untuk mahasiswa putra dan putri.
|
Adanya
kekeliruan berbahasa
|
Persyaratan yang kedua yaitu kita harus memiliki
asrama untuk mahasiswa putra dan mahasiswa putri.
|
12.
|
Sebab ini tidak mungkin perguruan tinggi kita mendapat kepercayaan
baik dari lembaga tingkat regional, nasional, dan internasional.
|
Adanya
kekeliruan berbahasa
|
Sebab
tidak mungkin perguruan tinggi kita mendapatkan kepercayaan baik dari lembaga
tingkat regional, nasional dan internasional.
|
13.
|
Ini semuanya tidak mungkin kita bisa mencapai itu kalau kita berdiam diri dan
berpangku tangan.
|
Adanya
kekeliruan berbahasa
|
tidak mungkin kita bisa mencapai semua itu kalau
kita berdiam diri dan berpangku tangan.
|
14.
|
Saya kira itu ya supaya tidak terlalu
panjang.
|
Adanya
kekeliruan berbahasa
|
Supaya tidak terlalu panjang, saya kira hanya itu
yang bisa saya sampaikan.
|
15.
|
Oleh karena itu, deadline kita
mudah-mudahan rencana pembangunan kita itu sudah mempersiapkan wilayah untuk
asrama mahasiswa putra dan putri.
|
Adanya
kekeliruan berbahasa
|
Oleh karena itu, mudah-mudahan rencana kita dalam
mempersiapkan wilayah untuk pembangunan asrama mahasiswa putra dan putra
dapat terlaksana sebelum tenggang waktu yang telah ditentukan.
|
16.
|
Supaya nanti bisa melakukan kebermanfaatan kepada masyarakat di unsur dilakukan juga kerja
sama dengan dinas-dinas terkait.
|
Adanya
kekeliruan berbahasa
|
Supaya nanti kita bisa memberikan manfaat kepada
masyarakat, maka unsure melakukan kerja sama dengan dinas-dinas terkait.
|
TATARAN
FONOLOGI
No.
|
Menggambarkan
Kesalahan
|
Penyebab
Kesalahan
|
Contoh yang
Benar
|
1.
|
Kalo menerima surat dari panitia itu meminta supaya
membahas apa peran pendidikan dalam pembangunan cianjur…”
|
Adanya
kekeliruan dalam berbahasa
|
Kalau
|
2.
|
Sudara-sudara untuk mencapai semuanya itu maka unsur sejak tahun
2009
|
Adanya
kesalahan dalam berbahasa karena dilakukan secara sistematis dan konsisten
|
Saudara-saudara
|
3.
|
Aktivitas sodara jadikan pengalaman sangat berarti.
|
Adanya
kesalahan dalam berbahasa karena dilakukan secara sistematis dan konsisten
|
Saudara
|
TATARAN
LEKSIKON
No.
|
Menggambarkan
Kesalahan
|
Penyebab
Kesalahan
|
Contoh yang
Benar
|
1.
|
Tahun 2000 kita itu universitas suryakancana ini merger
dari dua perguruan tinggi.
|
Adanya
pengaruh dari bahasa asing
|
Tahun 2000, Universitas Suryakancana Cianjur
merupakan gabungan dari dua
perguruan tinggi.
|
2.
|
Oleh karena itu, deadline kita
mudah-mudahan rencana pembangunan kita itu sudah mempersiapkan wilayah untuk
asrama mahasiswa putra dan putri.
|
Adanya
pengaruh dari bahasa asing
|
Oleh karena itu, mudah-mudahan rencana kita dalam
mempersiapkan wilayah untuk pembangunan asrama mahasiswa putra dan putra
dapat terlaksana sebelum tenggang waktu
yang telah ditentukan
|
Memprakirakan atau memprediksi daerah
atau butir kebahasaan yang rawan: meramalkan tataran bahasa yang dipelajari
yang potensial mendatangkan kesalahan.
Setelah
kita melakukan penganalisisan terhadap tuturan pemateri 4 dialog pendidikan, dapat
kita prediksi bahwa tataran bahasa yang berpotensial mendatangkan kesalahan
adalah dari tataran sintaksis
(struktur kalimat),
hal ini merupakan kekeliruan
karena pemateri 4 sebenarnya
mengetahui tata kebahasaan yang baik dan benar, namun akibat dari kelelahan, kecapean, gugup,
emosional, dan kondisi ruangan maka terjadi kekeliruan-kekeliruan dalam
berbahasa.
Mengoreksi
kesalahan: memperbaiki dan bila dapat menghilangkan kesalahan melalui
penyusunan bahan yang tepat, buku pegangan yang baik, dan teknik pengajaran
yang serasi.
TATARAN MORFOLOGI
No.
|
Salah
|
Benar
|
1.
|
Kebermanfaatan
|
Manfaat
|
TATARAN
SINTAKSIS
No
|
Salah
|
Benar
|
1.
|
Senang saya ditugasi menjadi pembicara yang terakhir karena
materi itu berbagai masalah dan kondisi nyata…”
|
Saya senang ditugasi untuk menjadi pembicara
terakhir, karena materi yang dibahas menyangkut berbagai masalah dan kondisi nyatanya.
|
2.
|
Kalau menerima surat dari panitia itu meminta supaya membahas apa peran pendidikan dalam
pembangunan Cianjur…”
|
Kalau menerima surat dari panitia, saya diminta
untuk membahas peran pendidikan dalam pembangunan Cianjur.
|
3.
|
Ada masalah yang terdapat
bagaimana ini dengan pengangkatan rekrutmen
guru.
|
Ada masalah yang kita hadapi saat ini, yaitu
bagaimana dengan nasib pengangkatan rekrutmen guru.
|
4.
|
Tadi bu Dr. Nong sudah menyebutkan pengangkatan PNS
itu kebijakan pusat yang diimplementasikan oleh
daerah, nanti bagaimana juga otonomi daerah…”
|
Tadi ibu Dr. Nong sudah menyebutkan bahwa
pengangkatan PNS itu diatur oleh kebijakan pusat yang nantinya akan
diimplementasikan oleh daerah, sehingga pada akhirnya semua itu tergantung
pada kebijakan otonomi daerah.
|
5.
|
Tahun 2031 kalau kita lihat, sekarang
tahun 2015 jadi kurang lebih 15 tahun lagi.
|
Sekarang tahun 2015, jadi untuk menuju ke tahun 2031
kurang lebih 15 tahun lagi.
|
6.
|
Unsur sudah melakukan MOU dan letter of intens itu dengan 52 universitas di berbagai Negara
baik di ASEAN, di Eropa Timur maupun di Eropa Barat, apa
ini fungsinya? Dari kerjasama itu apa?
|
Unsur sudah melakukan MOU dan letter of intens dengan 52
universitas di berbagai Negara baik di ASEAN, di Eropa Timur maupun di Eropa
Barat. Jadi fungsi dari kerjasama itu apa?
|
7.
|
Dari kerjasama ini maka kita akan mencoba mengarah kepada menjadikan lembaga unsure ini sebagai
lembaga yang berstandar.
|
Dari kerjasama ini, kita akan mencoba untuk
menjadikan lembaga unsur ini sebagai lembaga yang berstandar.
|
8.
|
Selanjutnya berdasarkan itu maka sistem pendidikan selain proses pembelajarannya yang tadi berbasis penelitian.
|
Selanjutnya berdasarkan hal itu, maka sistem
pendidikan pada akhirnya bermuara pada proses pembelajaran yang berbasis
penelitian.
|
9.
|
Ini dari fakultas misalnya ada yang kita
sebut dengan sertifikasi dan pendidikan profesi
|
Dari fakultas misalnya, ada yang kita sebut dengan
sertifikasi dan ada yang kita sebut dengan pendidikan profesi.
|
10.
|
Oleh karena itu, sekarang semua dosen, semua dosen
itu terus di apa di motivasi untuk melanjutkan studi
lanjut karena tidak mungkin ada pendidikan profesi kalau dokternya kurang.
|
Oleh karena itu, sekarang semua dosen terus
diberikan motivasi untuk melanjutkan studi lanjut, karena tidak mungkin ada
pendidikan profesi kalau dokternya kurang.
|
11.
|
Yang kedua tadi karena persyaratan yang
kedua kita harus ada asrama untuk mahasiswa putra dan putri.
|
Persyaratan yang kedua yaitu kita harus memiliki
asrama untuk mahasiswa putra dan mahasiswa putri.
|
12.
|
Sebab ini tidak mungkin perguruan tinggi kita mendapat kepercayaan
baik dari lembaga tingkat regional, nasional, dan internasional.
|
Sebab
tidak mungkin perguruan tinggi kita mendapatkan kepercayaan baik dari lembaga
tingkat regional, nasional dan internasional.
|
13.
|
Ini semuanya tidak mungkin kita bisa mencapai itu kalau kita berdiam diri dan
berpangku tangan.
|
tidak mungkin kita bisa mencapai semua itu kalau
kita berdiam diri dan berpangku tangan.
|
14.
|
Saya kira itu ya supaya tidak terlalu
panjang.
|
Supaya tidak terlalu panjang, saya kira hanya itu
yang bisa saya sampaikan.
|
15.
|
Oleh karena itu, deadline kita
mudah-mudahan rencana pembangunan kita itu sudah mempersiapkan wilayah untuk
asrama mahasiswa putra dan putri.
|
Oleh karena itu, mudah-mudahan rencana kita dalam
mempersiapkan wilayah untuk pembangunan asrama mahasiswa putra dan putra
dapat terlaksana sebelum tenggang waktu yang telah ditentukan.
|
16.
|
Supaya nanti bisa melakukan kebermanfaatan kepada masyarakat di unsur dilakukan juga kerja
sama dengan dinas-dinas terkait.
|
Supaya nanti kita bisa memberikan manfaat kepada
masyarakat, maka unsure melakukan kerja sama dengan dinas-dinas terkait.
|
TATARAN
FONOLOGI
No.
|
Salah
|
Benar
|
1.
|
Kalo menerima surat dari panitia itu meminta supaya
membahas apa peran pendidikan dalam pembangunan cianjur…”
|
Kalau
|
2.
|
Sudara-sudara untuk mencapai semuanya itu maka unsur sejak tahun
2009
|
Saudara-saudara
|
3.
|
Aktivitas sodara jadikan pengalaman sangat berarti.
|
Saudara
|
TATARAN
LEKSIKON
No.
|
Salah
|
Benar
|
1.
|
Tahun 2000 kita itu universitas suryakancana ini merger
dari dua perguruan tinggi.
|
Tahun 2000, Universitas Suryakancana Cianjur
merupakan gabungan dari dua
perguruan tinggi.
|
2.
|
Oleh karena itu, deadline kita
mudah-mudahan rencana pembangunan kita itu sudah mempersiapkan wilayah untuk
asrama mahasiswa putra dan putri.
|
Oleh karena itu, mudah-mudahan rencana kita dalam
mempersiapkan wilayah untuk pembangunan asrama mahasiswa putra dan putra
dapat terlaksana sebelum tenggang waktu
yang telah ditentukan
|
No comments:
Post a Comment